Sukses

Beauty

5 Cara Merawat Rambut Ikal agar Mudah Diatur

Fimela.com, Jakarta Rambut adalah mahkota untuk setiap orang. Sehingga harus dirawat dengan benar, agar rambut selalu sehat, tampak berkilau dan mudah diatur.

Rambut memiliki beberapa jenis seperti rambut ikal, rambut lurus, rambut bergelombang dan lain sebagainya. Setiap jenis rambut ini memiliki keunikan sendiri. Namun sayangnya, sebagian orang kesusahan saat merawat rambut yang ikal.

Rambut ikal adalah rambut yang mengembang, bergelombang atau bervlume. Rambut ikal memang sedikit susah untuk diatur, karena rambut ini tampak lebat dan mudah kering. Untuk mencegah masalah pada rambut ikal, berikut cara merawat rambut ikal, yang dilansir dari Merdeka.com:

Perbedaan Rambut Ikal, Keriting dan Bergelombang

Sering disama artikan, padahal jenis rambut ikal berbeda dengan jenis rambut keriting atau bergelombang. Rambut ikal adalah rambut yang mengembang atau bervolume, dengan bentuk yang disebut dengan corkscrews atau mirip dengan pembuka botol. Rambut ikal ini memiliki tingkat kerapatan yang berbeda, mulai dari longgar, rapat hingga bouncy.

Berbeda dengan rambut ikal, rambut keriting adalah jenis rambut yang sdering disebut dengan rambut Afro atau kribo. Jenis rambut ini bentuknya sangat rapat, berliku-liku, dan harus dirawat dengan benar agar bentuknya tetap indah.

Sedangkan rambut bergelombang adalah rambut yang lurus, tapi dibagian bawahnya membentuk gelombang, yang bentuknya seperti huruf S.

Cara Merawat Rambut Ikal

1. Kurangi Intensitas Keramas

Tekstur rambut ikal sangat mudah kering, sehingga kurangi intensitas keramas atau penggunaan sampo. Usahakan untuk menggunakan sampo pada kulit kepala saja, agar bagian ujung rambut tidak mudah kering atau bercabang.

2. Hindari Sampo yang Mengandung Deterjen

Banyak sekali sampo yang memiliki kandungan deterjen, yang biasanya ditulis di kemasan dengan nama SLS atau Sodium Lauryl Sulfate. Kandungan deterjen ini bisa menyebabkan rambut ikalmu jadi kering dan bercabang. Maka saat membeli sampo, pastikan membeli sampo yang bebas SLS.

3. Gunakan Kondisioner

Agar rambut ikal tetap terawat, gunakan kondisioner setelah keramas. Karena kondisioner memiliki kandungan vitamin, yang bisa menguatkan akar rambut, mencegah rambut kering dan membuat rambut tampak berkilau.

4. Biarkan Kering Secara Alami

Karena rambut ikal sangat mudah kering, hindari penggunaan alat pengering rambut seperti hairdryer atau catokan. Kamu bisa mengeringkan rambut secara alami saja, yaitu mengeringkan rambut dengan handuk yang berbahan kaos, lalu tepuk-tepuk rambut dan jangan digosok terlalu keras.

5.. Sisir dengan Gigi yang Jarang

Menggunakan sisir yang giginya rapat, bisa membuat rambut ikal jadi rusak, mudah patah dan kusut. Untuk itu, gunakan sisir yang giginya jarang. Kamu juga bisa menyisir rambut ikal hanya dengan jari tangan saja setelah keramas.

Cara Memilih Sampo untuk Rambut Ikal

Cara merawat rambut ikal tidak boleh menggunakan sampo yang memiliki kandungan deterjen. Bahkan sebagian orang beranggap, kalau sering mencuci rambut bisa membuat tekstur rambut ikal rusak dan kering.

Mencuci rambut bisa dilakukan seminggu 3 kali, dengan mengaplikasikan sampo di kulit kepala saja. Sampo yang boleh digunakan untuk rambut ikal adalah sampo yang mengandung pelembap, seperti glycerin, ceramide, collagen dan hydrolyzed hyaluronic acid.

Karena rambut ikal memiliki volume dan gelombang yang menarik, hindari menggunakan sampo yang memiliki kandungan silikon. Walaupun silikon bisa membuat rambut lurus, tetapi kandungan ini bisa membuat gelombang rambut hilang dan rambut jadi lurus.

Loading
Artikel Selanjutnya
5 Rekomendasi Sleeping Mask Lokal untuk Mengatasi Penuaan Dini
Artikel Selanjutnya
Cara Mengatasi Masalah Rambut Rontok saat Masa Kehamilan