Sukses

Beauty

Stress Berlebih, Skincare Bisa Tak Bekerja Maksimal di Wajah

Jakarta American Psychological Assosciation (APA) menemukan kolerasi antara mood perempuan dengan kecantikannya. APA menyebutkan, jika pikiran dan emosi perempuan dalam keadaan tidak seimbang, dampak terburuk pun bisa dialami oleh kulit. Artinya, ketika hormon dalam keadaan tidak stabil, kulit pun akan turut mengalami perubahan. Kulit akan lebih rentan bermasalah, seperti muncul jerawat tiba-tiba.

Hormon yang bergejolak akibat stress mampu sebabkan produksi minyak di kulit wajah meningkat. Produksi minyak yang meningkat terkadang sulit untuk diatasi, meski sudah menggunakan skincare sekalipun. Alhasil, minyak yang berlebih menyebabkan pori-pori tersumbat, sehingga memudahkan kulit terserang bakteri.

Well, menjauhkan diri dari stres bagi sebagian perempuan memang bukan hal yang mudah. Tapi, apa jadinya jika stres yang berkelanjutan, tidak hanya membawa dampak negatif pada kesehatan, tapi juga penampilan wajah? Sebelum kulit mengalami perubahan terburuk, sembari menenangkan diri, kulit pun membutuhkan perhatian lebih darimu. Berikut beberapa cara yang bisa dijadikan panduan untuk mengurangi efek stres pada kulit wajahmu.

>> Lawan bakteri

Jerawat yang muncul di kulit wajah akibat stres, biasanya bukan disebabkan oleh skincare yang tidak sesuai dengan tipe kulit wajah. Jerawat yang muncul disebabkan oleh bakteri. Untuk membunuh bakteri, gunakan skincare yang mengandung asam salisilat dan benzoil peroksida yang dapat membantu eksfoliasi pada kulit.

>>Moisturizer non-comedogenic

Tidak perlu mengganti skincare harianmu. Tapi, agar kulit wajah dapat kembali rileks, kamu bisa tambahkan moisturizer non-comedogenic.

>> Jangan memegang/memencet jerawat

Jangan pegang jerawatmu, sebelum tangan di cuci bersih dan hygenis. Dan hilangkan kebiasaan memencet jerawat, sekalipun jerawat butuh waktu yang lama untuk hilang.

>>Eksfoliasi yes! Scrubbing is a big no!

Menggunakan toner yang memiliki formula eksfoliasi bisa digunakan 2x seminggu. Namun, tidak dianjurkan untuk melakukan scrubbing pada kulit, karena akan memancing reaksi iritasi pada kulit wajahmu. 

>>Masker wajah 2x seminggu

Berikan relaksasi pada kulit wajah dengan cara mendinginkannya menggunakan sheet mask. Beberapa jenis masker yang bisa dicoba, green tea, lemon, atau sheet mask yang mengandung Hyaluronic Acid (HA) dengan formula ekstra serum yang mampu menambahkan kelembapan pada kulit wajah.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading