Sukses

Beauty

Ini Lho Tandanya Tubuh Sangat Lelah, Namun Jarang Disadari

Ladies, pernah kah Anda menghabiskan waktu satu hari penuh untuk melakukan pekerjaan yang tidak ada hentinya. Tubuh Anda memang seperti berserah saja ketika Anda menuntutnya untuk berperilaku demikian. Atau mungkin tanpa Anda sadari, kini Anda menjelma menjadi seorang workaholic, sering menambah lembur di rumah meskipun sudah hampir seharian Anda bekerja di kantor.

Jarang sekali disadari ketika tubuh Anda memberikan sinyal sudah mengalami kelelahan berat, apalagi jika setelah jam kantor Anda masih memiliki janji untuk bertemu dengan teman. Mungkin Anda lebih suka mengabaikan rasa lelah, padahal bisa jadi ini menyebabkan masalah lainnya, seperti mengantuk ketika menyetir atau mungkin tubuh Anda drop berat. Sebaiknya sebelum hal-hal seperti ini terjadi, mulai saat ini pahami bagaimana keadaan tubuh Anda ketika merasakan tanda-tanda kelelahan seperti dilansir dari oprah.com berikut ini.

(vem/hyn)

Anda sering menekan pena dan menghentakkan kaki

Mungkin ketika sedang berada di meja Anda, beberapa kali Anda memainkan pena kemudian menghentakkan kaki dengan ringan ke lantai berulang kali. Ketika Anda menggerakkan otot-otot Anda, ada isyarat yang dikirim ke otak untuk tetap waspada. Jadi jika Anda resah atau gelisah, seperti tidak tenang saat duduk, ini mengindikasikan otak untuk membuat Anda selalu terjaga.

Selain itu ekspresi gelisah juga menandakan Anda telah mengonsumsi banyak kafein. Batas harian yang disarankan adalah 500-600 mg atau maksimalnya 4 cangkir kopi. Jika Anda minum lebih dari itu, tandanya tubuh Anda kurang istirahat. Ladies, mengabaikan rasa lelah pada tubuh Anda juga berpengaruh terhadap menurunnya konsentrasi. Ini tentu sangat berbahaya jika Anda sedang menempuh perjalanan seorang diri.

Jatuh tertidur

Ladies, mungkin Anda pernah mengalami jatuh tertidur sesaat di meja kantor atau ketika berada di ruang tunggu jika pada malam harinya Anda kurang tidur. Ini juga merupakan tanda bahwa tubuh Anda sangat kelelahan, meskipun kemudian Anda masih bisa mencegah kantuk dengan menenggak kopi. Ketika tubuh Anda lelah, bagian otak yang mengontrol perhatian dan waktu respon mulai mengambil istirahat atau berhenti mengambil informasi yang baru. Inilah mengapa jatuh tertidur bisa terjadi dalam waktu yang sangat singkat dalam hitungan detik.

Jika tidak percaya jika tubuh Anda sangat lelah, Anda bisa mencoba tes berikut ini. Duduklah di tempat yang gelap atau tenang sambil menggenggam pensil di salah satu tangan Anda. Atur timer untuk berjalan selama 5 menit, kemudian cobalah untuk bersantai atau bernapas. Jika ternyata pensil tidak dalam genggaman kuat lagi, ini tandanya Anda juga baru mengalami jatuh tertidur sesaat. Segera mungkin berikan waktu untuk tubuh Anda beristirahat ya Ladies.

Kekurangan keseimbangan

Rasakan ketika Anda melakukan tugas-tugas yang sederhana seperti mengambil kopi, menggesekkan kartu ID, atau mengambil beberapa buku. Jika Anda kemudian sering menjatuhkan barang-barang yang Anda pegang atau mungkin kopi Anda berceceran jatuh ke lantai ketika Anda berjalan, sebaiknya berikan waktu sejenak tubuh Anda untuk beristirahat. Karena orang yang kurang tidur akan mengalami lebih banyak gangguan koordinasi atau keseimbangan tubuh daripada orang yang cukup tidur. Namun kurang tidur tidak memiliki efek yang sama pada bagian otak untuk menangani penalaran kritis. Anda masih tetap bisa bekerja dengan laporan atau merencanakan strategi finansial.

Over sensitive

Jika tubuh Anda mengalami kelelahan, otak mengalami kesulitan untuk memberi tahu agar lebih sadar terhadap perilaku Anda. Sehingga Anda akan lebih reaktif dengan rangsangan yang berasal dari lingkungan Anda. Mungkin Anda akan merasa silau dengan matahari pagi, kopi terasa terlalu manis atau panas, teman Anda terlihat sering melakukan kesalahan, dan banyak hal yang membuat Anda lebih mudah emosional. Yang penting lagi adalah mood, akan menjadi tantangan tersendiri untuk perang dengan mood Anda ketika tubuh sudah sangat lelah.

Mudah lapar

Penelitian menunjukkan ketika Anda hanya mendapat sedikit tidur, maka secara otomatis akan menurunkan hormon penekan nafsu makan dan meningkatkan ghrelin yang menyebabkan Anda mudah merasa lapar. Menurut penelitian yang dilakukan para ilmuwan di University of Colorado, orang yang hanya tidur kurang dari 5 jam ternyata merasa lebih lapar daripada orang yang mendapatkan tidur selama 7 jam penuh.

Disarankan untuk makan 1 jam setelah bangun yang berguna untuk meningkatkan kewaspadaan serta kinerja kognitif Anda. Namun Anda harus berhati-hati untuk memilih makanan, jangan sampai Anda mengkonsumsi begitu banyak karbohidrat, pilihlah makanan berserat yang dicerna tidak terlalu cepat oleh tubuh seperti sayuran. Jika Anda makan terlalu banyak karbohidrat, yang terjadi adalah Anda akan merasa sangat mengantuk atau badan terasa lebih lemas.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading