Sukses

Health

5 Makanan Sehat Untuk Kulit Vitiligo (Perubahan Pigmen Kulit)

Masalah kulit tidak hanya sebatas jerawat, berminyak dan gatal saja Sahabat Fimela, ada banyak jenis dan macam dari masalah kulit, salah satunya adalah vitiligo. Beberapa dari kita mungkin masih asing dengan istilah ini, namun vitiligo merupakan masalah kulit yang cukup banyak menyerang siapa saja.

Vitiligo bisa menyerang siapa pun terlepas dari usia, jenis kelamin, dan ras apa saja di dunia ini. Vitiligo sendiri merupakan kondisi di mana kulit kehilangan pigmen atau warna kulit alaminya dikarenakan sel-sel yang bertugas memproduksi melanin, senyawa penghasil warna kulit, secara tiba-tiba berhenti beraktivitas dan menyebabkan warna kulit menjadi putih dengan bentuk yang tidak merata pada bagian tubuh.

Namun berdasarkan kutipan dari Newhealthguide.org, ada beberapa makanan yang baik untuk membantu mengurangi risiko menjalarnya vitiligo ke bagian tubuh lain dan secara perlahan mampu mengembalikan warna kulit yang akan dibahas berikut ini.

1. Gandum

Pertama, konsumsi gandum. Daripada beras, makanan berbahan dasar gandum seperti roti dan oats akan sangat baik untuk mencegah penyebaran vitiligo karena kaya akan serat, vitamin dan mineral yang sangat dibutuhkan tubuh untuk memperbaiki sel-sel kulit yang rusak dan membantu regenerasi sel-sel kulit.

2. Sayuran

Memperbanyak makan sayuran akan sangat baik untuk mencukupi nutrisi kulit. Beberapa sayuran yang baik untuk kulit vitiligo adalah bayam, karena banyak mengandung nutrisi penting dalam regenerasi sel kulit mati dan rusak. Kemudian ada bawang putih yang bukan hanya bersifat antibiotik dan menyembuhkan, juga merupakan salah satu sumber antioksidan yang membantu merawat dan mengembalikan kesehatan kulit. Selain itu, ada juga kubis yang mampu menyingkirkan bahan kimia berbahaya. Secara umum, mengonsumsi sayuran bervariasi sangat baik untuk menjaga kulit vitiligo. 

3. Lemak

Makanan ketiga adalah lemak. Jangan berprasangka buruk dulu ketika mendengar kata lemak, karena lemak yang dimaksud di sini adalah lemak sehat yang bisa kita dapatkan dari minyak zaitun, ikan salmon, tuna, telur, alpukat dan lain sebagainya. Lemak sehat diketahui sangat baik dalam mengembalikan keremajaan dan kesehatan kulit. Beberapa jenis kacang-kacangan juga sangat kaya lemak sehat dan baik untuk menjaga kulit vitiligo, kecuali kacang pistacio dan mede.

4. Suplemen

Makanan keempat adalah suplemen. Banyak suplemen yang baik untuk kesehatan, secara umum suplemen vitamin dan mineral sangat baik untuk kulit. Namun khusus untuk vitiligo, pilih suplemen herbal mengandung ginko biloba yang mampu mereduksi efek vitiligo dan mencegah penyebaran ke bagian tubuh lain.

Jadi meskipun kondisi vitiligo ini tidak bisa disembuhkan, namun bukan berarti Anda bisa menyerah dengan keadaan ini, karena masih ada teman baik pengganjal perut yang akan memberikan efek positif untuk masalah kulit Anda.  

5. Ayam tanpa lemak

Daging ayam tanpa lemak seperti daging dada fillet atau ayam kampung tanpa lemak dianggap lebih sehat karena dapat memenuhi kebutuhan nutrisi kulit namun tidak memicu kelebihan lemak jahat di dalam tubuh. Mengolah daging ayam ini pun perlu diperhatikan, jangan sampai dimasak dengan terlalu banyak tambahan lemak trans.

#Women for Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading