Sukses

Health

5 Cara Alami dan Aman Memutihkan Gigi yang Kuning

Fimela.com, Jakarta Dulu waktu kecil, mungkin kita melihat gigi kita tumbuh dengan baik dan berwarna putih. Namun ternyata seiring berjalannya waktu, kita menyadari bahwa ada perubahan dengan warna gigi alami kita, yang dulunya putih susu menjadi agak kekuningan. Hal ini mungkin terkesan kotor dan tidak dihigienis, bahkan mengurangi tampilan terbaikmu. Beberapa orang bahkan merasa malu dan harus menutupi mulutnya ketika tersenyum jika giginya terlalu kuning. Tapi hal ini bisa diatasi dengan cara alami. Dilansir dari Webmd, begini sekian cara mengembalikan putih alami gigi.

1. Menggunakan pasta gigi pemutih

Cara yang paling gampang adalah memilih pasta gigi yang memiliki kandungan hidrogen peroksida, yaitu bahan khusus untuk membantu memutihkan gigi atau bersifat whitening. Biasanya, pasta gigi dengan fungsi memutihkan akan sedikit memberikan perlakuan abrasif atau mengikis bagian kuning pada gigi sehingga gigi memiliki warna alaminya lagi. Terkadang ada alat pemutih seperti gel untuk gigi dan peralatan lain yang bisa memutihkan gigi dengan efektivitas berbeda-beda. Jadi tidak perlu ke dokter untuk memutihkan gigi, karena kita bisa mencoba langkah awal dengan rajin gosok gigi menggunakan pasta gigi berpemutih. 

2. Bahan alami pemutih gigi

Salah satu bahan alami untuk memutihkan gigi adalah baking soda. Kamu bisa mencampur sedikit baking soda dengan pasta gigi dan menggosok gigi seperti biasa. Gosok gigi secara perlahan dan merata, lakukan dua kali sehari, pagi dan malam sebelum tidur. Namun hati-hati dalam menggunakan baking soda untuk memutihkan gigi karena jika terlalu banyak dan sering maka risikonya laisan gigi akan terlalu banyak terkikis sehingg menjadikan gigi lebih sensitif. Ingat untuk tidak menggunakan banyak baking soda dan menggosoknya secara berlebihan atau lama.

3. Mengunyah permen karet tanpa gula

Ada permen karet tanpa gula yang dijual di pasaran dengan fungsi membantu memutihkan gigi. Permen karet sendiri bisa membersihkan rongga mulut, gigi yang kotor dan dipenuhi bakteri, terutama setelah makan. Kebiasaan mengunyah permen karet juga akan menghasilkan ludah untuk meluruhkan bakteri. Setelah mengunyah permen karet kita juga bisa membilas rongga mulut dengan berkumur. Segera buang permen karet jika sudah tidak berasa dan alot saat dikunyah.

4. Mencegah kebiasaan penyebab gigi kuning

Semakin kita dewasa, semakin sering pula gigi dipakai untuk mengunyah makanan. Hal ini menyebabkan dentin gigi mengalami kekuningan karena pengaruh makanan. Untuk mencegah gigi semakin kuning, cegah juga konsumsi makanan dan minuman penyebab gigi kuning serta kebiasaan buruk penyebab gigi kuning. Hindari merokok, minum kopi, soda, teh, dan minuman serta makanan lain yang berwarna gelap. 

5. Perbanyak makan buah dan sayur

Perbanyak makan sayuran dan buah karena mengandung serta yang mampu membantu membersihkan gigi. Air dan gula pada makanan bisa secara alami yang menyebabkan gigi kuning, tapi jika berkumur atau minum air putih cukup banyak bisa membantu mengurangi gigi menjadi kuning.. Beberapa makanan seperti seledri, wortel, apel dan pir mampu merangsang produksi air liur yang banyak sehingga secara alami makpu membantu meluruhkan bakteri di dalam mulut penyebab gigi kuning. 

Itu dia beberapa cara untuk memutihkan gigi. Jika kurang memuaskan, Sahabat Fimela juga bisa datang ke dokter gigi dan menyelesaikan masalah gigi kuning dengan konsultasi lebih dahulu.

#Women for Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading