Sukses

Beauty

Komplikasi Asma Pada Saluran Pernapasan

Asma yang tidak dikendalikan dengan baik bisa berujung pada komplikasi yang buruk. Salah satunya adalah komplikasi yang berhubungan dengan saluran pernapasan Anda. Penyakit asma yang tidak diperhatikan akan terus memburuk dan menyebabkan tubuh Anda mengalami banyak perubahan.

Seperti yang dijelaskan oleh nhs.uk, meskipun jarang terjadi, asma yang tidak dikendalikan dengan baik dapat berujung pada komplikasi-komplikasi yang terjadi pada organ-organ pada saluran pernapasan Anda, termasuk:

1. Pneumonia (infeksi pada paru-paru). Pneumonia adalah peradangan (pembengkakan) pada jaringan yang ada pada salah satu atau kedua paru-paru Anda yang biasanya disebabkan oleh infeksi.

2. Lumpuhnya sebagian atau keseluruhan paru-paru Anda

3. Kegagalan pernapasan. Kegagalan pernapasan terjadi ketika tingkat oksigen dalam darah berkurang ke tingkat yang membahayakan, atau tingkat karbon dioksida yang meninggi ke tingkat yang membahayakan.

4. Status asthmaticus (serangan asma yang parah yang tidak dapat merespon pada perawatan tertentu)

Komplikasi-komplikasi ini dapat mengancam hidup Anda dan sangat membutuhkan perawatan medis. Jika Anda tetap membiarkannya, asma dapat berujung pada kematian. Kematian yang disebabkan oleh asma terus meningkat setiap tahunnya.

Maka dari itu penting halnya bagi Anda untuk menyadari dampak berbahaya asma yang mengancam Anda dan keluarga Anda. Jika Anda memiliki asma, sadari dan pahami asma Anda sedari awal karena penyakit asma yang dikendalikan dengan benar tidak akan menurunkan kualitas hidup Anda dan Anda dapat hidup sehat dengan asma.

oleh: Desti Ayu Ruhiyati

(vem/rsk)
What's On Fimela
Loading