Sukses

Beauty

Penyakit Kelamin Wanita "Donovanosis", Apa itu?

Ladies, nama penyakit kelamin wanita "Donovanosis" mungkin masih terdengar asing di telinga Anda ya? Tidak heran, karena jenis penyakit kelamin wanita yang satu ini memang jarang ditemukan kasusnya. Sebenarnya, apa Donovanosis itu? Dijelaskan dalam www.nlm.nih.gov, Donovanosis atau dikenal juga dengan istilah granuloma inguinale adalah jenis penyakit kelamin wanita yang menular (PMS).

Donavasis disebabkan oleh bakteri Klebsiellagranulomatis. Penyakit ini umumnya ditemukan di daerah tropis dan subtropis seperti India Tenggara, Guyana, dan New Guinea. Penularan penyakit ini terjadi melalui hubungan intim dengan pasangan yang menderita penyakit ini.

Gejala penyakit kelamin ini terjadi dalam rentang waktu 1 sampai 12 minggu setelah terkontak bakteri. Gejala penyakit kelamin wanita Donovanosis yang terlihat meliputi:

1. Luka pada daerah anal.
2. Benjolan merah kecil yang tumbuh pada alat kelamin atau di sekitar anus.
3. Hilangnya pigmen kulit pada alat kelamin dan daerah sekitarnya.

Gejala Donovanosis pada tahap awal akan sangat susah dibedakan dengan gejala chancroid. Sementara pada tahap akhir, donovanosis akan terlihat seperti kanker genital atau limfogranuloma venereum.

Pengobatan penyakit kelamin wanita jenis ini dilakukan dengan menggunakan antibiotik. Untuk menyembuhkan kondisi membutuhkan pengobatan jangka panjang. Kebanyakan program pengobatan berjalan 3 minggu atau sampai luka benar-benar sembuh.

Itulah informasi seputar penyakit kelamin wanita Donovanosis. Semoga bisa memperkaya pengetahuan kita tentang jenis penyakit kelamin wanita.

Oleh : Maulisa

(vem/ver)
What's On Fimela
Loading