Sukses

Beauty

5 Cara Memilih UV Emulsion untuk Melindungi Kulit Dari Sinar Matahari

Fimela.com, Jakarta UV emulsion adalah salah satu produk kecantikan yang bisa membantu melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Produk skincare yang satu ini banyak digemari beauty enthusiast, karena selain melindungi kulit, UV emulsion juga bisa membantu melembapkan kulit.

Beberapa produk keluaran brand ternama, mengeluarkan produk UV emulsion atau face emulsionyang bisa membantu mencerahkan wajah, meratakan warna kulit dan menghilangkan noda hitam.

Produk skincare ini memiliki kandungan minyak dalam emulsion, yang bisa mengunci air di dalam lapisan kulit, agar tidak menguap dan membuat kulit wajah terhindar dari tanda-tanda penuaan dini. Berikut cara memilih UV emulsion yang baik untuk kulit, dilansir dari berbagai sumber:

Cara Memilih UV Emulsion

1. Pilih yang Mengandung Chemical dan Physical Sunscreen

Cara memilih UV emulsion yang pertama, yaitu memilih produk yang kandungannya terdiri dari gabungan chemical dan physical sunscreen. Jika kedua jenis sunscreen ini di gabungkan, maka akan memberikan manfaat ganda untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari.

Kandungan bahan aktif yang terdapat di dalam physical sunscreen terdiri dari titanium oxide, zinc oxid dan cerium oxide. Sedangkan untuk chemical sunscreen mengandung ethylhexyl methoxycinnamate, T-Butylmethoxydibenzoylmethane dan octocrylene. UV emulsion yang merupakan gabungan dari chemical dan physical sunscreen, akan memiliki kandungan bahan aktif dari kedua jenis sunscreen ini.

Tetapi perlu diperhatikan, bagi pemilik kulit yang sensitif, usahakan untuk mengurangi penggunaan chemical sunscreen. Karena bisa membuat kulit menjadi iritasi dan kemerahan.

2. Pilih SPF Sesuai Kebutuhan

Paparan sinar matahari bisa menyebabkan hiperpigmentasi pada kulit, kulit menjadi kemerahan, muncul flek hitam di kulit dan memicu munculnya tanda-tanda penuaan dini pada kulit.

Untuk menghindari paparan sinar matahari yang bisa merusak kulit, usahakan untuk menggunakan UV emulsion yang memiliki kandungan UV protection minimal SPF30 PA++. Tetapi kalau kegiatan harianmu berada di luar ruangan, lebih baik gunakan UV emulsion yang mengandung SPF50 PA++++.

Ada baiknya untuk mengaplikasikan UV emulsion di kulit wajah secara berkala, yaitu ulangi penggunaannya setiap 4 jam sekali. Usahakan untuk mengaplikasikan produk ini minimal 30 menit sebelum keluar ruangan.

Cara Memilih UV Emulsion Selanjutnya

3. Pilih Produk Tinggi Emulsion

Selain membantu melindungi kulit dari paparan sinar matahari, UV emulsion juga berfungsi untuk melembapkan kulit wajah. Untuk itu pilihlah produk UV emulsion yang memiliki efek emolien yang tinggi.

Produk yang tinggi emolien memiliki kandungan vaseline, shea butter dan squalane. Tetapi ada juga produk yang diperkaya dengan kandungan glycerin, butylene glycol, hyaluronic acid dan natural moisturizing factor (NMF).

4. Pilih Produk Anti Inflamasi

Untuk mencegah kulit wajah terkena iritasi dan meradang dari paparan sinar matahari, usahakan untuk memilih produk yang kandungannya bersifat sebagai anti inflamasi. Karena jika terlalu sering terkena paparan sinar matahari, kulit menjadi kemerahan, pecah-pecah, muncul jerawat dan bengkak.

Kandungan anti inflamasi yang terdapat di dalam UV emulsion adalah dipotassium glycyrrhizate, stearyl glycyrrhetinate, DL-α-tocopheryl acetate dan tranexamic acid.

5. Pilih Tekstur Sesuai Kebutuhan

Seperti produk skincare yang lainnya, UV emulsion memiliki tekstur yang beragam. Ada produk dengan tekstur lotion yang ringan seperti air, hingga tekstur krim yang tebal dan sedikit lengket. Kamu bisa memilih tekstur UV emulsion sesuai dengan kebutuhan kulitmu.

Rekomendasi UV Emulsion

1. SK-II Atmosphere Airy Light UV Emulsion

Rekomendasi produk UV emulsion yang pertama adalah SK-II Atmosphere Airy Light UV Emulsion. Produk ini diperkaya dengan kandungan glycerin, ekstrak tumbuhan, dimethicone, vitamin C dan cyclopentasiloxane, yang memiliki kandungan SPF 30 PA+++. Harga dari produk ini sekitar Rp 775ribuan.

2. Kose Sekkisei White UV Emulsion

Produk dari Kose Sekkisei White UV Emulsion bisa melindungi kulit dari paparan sinar matahari, serta membantu mencerahkan kulit wajah. Dengan kandungan glycerin, ekstrak tumbuhan dan tranexamic acid, produk ini aman digunakan untuk kulit yang berminyak. Produk ini memiliki kandungan UV protection sebesar SPF50+ PA++++, yang dijual dengan harga sekitar Rp 450ribuan.

3. Shiseido Essential Energy Day Emulsion

Rekomendasi UV emulsion yang selanjutnya dari Shiseido Essential Energy Day Emulsion. Produk ini bisa meningkatkan tone kulit setingkat lebih cerah dan membuat lembap. Produk ini mengandung glycerin, hyaluronic acid, ekstrak tumbuhan, dimethicone dan pseudo ceramide, dengan UV protection sebesar SPF30 PA+++. Produk ini aman digunakan untuk kulit kering, yang dijual dengan harga sekitar Rp 550ribuan.

4. Laneige White Dew Emulsion

Rekomendasi yang selanjutnya yaitu Laneige White Dew Emulsion. Produk ini mengandung mela-vita crusher, saururus chinensis extract, phyto sugar water, glycerin, butylene glycol, squalane dan dimethicone, yang mencerahkan kulit dan melembapkan. Harga dari produk ini sekitar Rp 450ribuan.

5. The Saem Urban Eco Harakeke Whitening Emulsion

Rekomendasi yang terakhir adalah The Saem Urban Eco Harakeke Whitening Emulsion. Produk dengan tekstur lotion ini mengandung niacinamide dan hyaluronate acid, yang ringan digunakan setiap hari dan dijual dengan harga sekitar Rp 280ribuan.

PLAYLIST VIDEO 5 AGUSTUS 2021
Loading
Artikel Selanjutnya
7 Rekomendasi Wattpad Romantis yang Membuatmu Baper
Artikel Selanjutnya
Review Buku Sebuah Seni untuk Bersikap Bodo Amat