Sukses

Beauty

Flek Hitam Muncul Pada Wajah? Ketahui Berbagai Penyebabnya Sekarang Juga

Fimela.com, Jakarta Kemunculan flek hitam kerap kali menjadi sesuatu yang diresahkan oleh banyak perempuan. Bukan hanya mengganggu penampilan saja, namun kondisi ini pun ternyata dapat menurunkan kepercayaan diri yang dimiliki oleh seseorang. Flek hitam sendiri merupakan bintik-bintik hitam yang umumnya disebabkan oleh hiperpigmentasi, di mana produksi melanin lebih banyak daripada biasanya.

Tingkat keparahan flek hitam yang terjadi pada setiap perempuan tentu berbeda-beda. Ada yang masih dalam skala yang normal dan ada juga yang sudah parah sampai membuat wajah sampai kusam. Namuan, sebelum memberikan penanganan yang tepat untuk masalah kulit ini, kamu perlu mengetahui apa saja faktor yang menyebabkannya. Apa saja?

Sering Terkena Paparan Sinar Matahari

Menghabiskan waktu seharian dan terkena paparan sinar matahari yang berlebihan menjadi salah satu penyebab mengapa flek hitam bisa muncul di permukaan kulit pada wajah. Kenapa? Ketika kamu di bawah terik siang bolong dan terangsang sinar UV, mala melanosit pada tubuh akan melepas melanin yang terlampau banyak jumlahnya. Inilah yang kemudian menyebabkan flek hitam dan bercak pada kulit.

Namun, kamu bisa mencegah kondisi ini dengan menggunakan sunscreen, lho. Dengan kandungan titanium, dioksida, seng oksida, dan avobenzo, skincare yang satu ini dijamin bisa memberikan perlindungan yang maksimal untuk kulit wajahmu. Selain itu, kamu juga bisa memilih sunscreen berdasarkan jumlah SPF yang ada di dalamnya. Mulai dari SPF 15, 30, 45, hingga 50. 

Punya Kebiasaan Memencet Jerawat

Terkadang punya jerawat di wajah itu bisa bikin geram sendiri. Jadi, nggak heran saja banyak orang yang mencoba memencet jerawat yang ada agar bisa segera kempes. Sayangnya, melakukan hal ini ternyata hanya akan membuat peradangan pada kulit kamu.

Ketika kulit mengalami peradangan, maka flek hitam bisa saja timbul dan membekas di permukaannya. Semakin parah peradangan yang dialami, maka semakin besar pula flek hitam yang muncul. Maka dari itu, sebaiknya menahan diri dulu untuk nggak memencet jerawat dan biarkan kondisi tersebut sembuh dengan sendirinya.

Kurang Asupan Vitamin

Vitamin merupakan salah satu hal penting yang dibutuhkan manusia guna bisa menjaga dan mendukung kesehatan tubuh. Ada beberapa jenis vitamin yang mampu dimanfaatkan untuk mempertahankan kondisi kulit wajah agar bisa tetap bersih dan bebas flek hitam. Di antaranya adalah vitamin C, B 12, K, serta Vitamin E.

Menariknya, memenuhi berbagai asupan vitamin tersebut nggak hanya bisa dilakukan lewat makanan dan suplemen, melainkan juga skincare. Maka dari itu, rutinlah melakukan rangkaian skincare pada kulit agar tetap terjaga kecantikan dan cahayanya.

Itulah beberapa hal yang bisa sebabkan flek hitam pada permukaan kulit jaga. Jika kamu ingin terhindar dari kondisi permasalahan kulit ini, maka pastikan untuk selalu menjaga dan merawatnya, ya.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading