Sukses

Beauty

Tak Harus Pergi Ke Salon, Manfaatkan Bahan-Bahan Alami Ini untuk Menghitamkan Rambut Sendiri di Rumah

Fimela.com, Jakarta Bagi sebagian besar perempuan, pergi ke salon adalah hal yang membahagiakan. Rambut bisa dapat perawatan terbaik langsung dari ahlinya, sudah begitu tanpa perlu repot-repot banyak usaha pula. Hanya saja, pelayanan yang didapatkan tentu sebanding dengan harga yang harus dikeluarkan.

Oleh karena itu, selagi bisa dilakukan sendiri di rumah, ada baiknya tak pergi ke salon. Hitung-hitung biar lebih hemat, kan? Misalnya saja jika ingin menghitamkan rambut, sebenarnya kamu bisa melakukannya sendiri di rumah. Terlebih ada banyak bahan alami yang bisa dimanfaatkan untuk menghitamkan rambut ini. Termasuk beberapa di antaranya dapat diketahui berikut ini.

Minyak Kelapa

Kebanyakan orang tahu jika minyak kelapa banyak manfaatnya. Salah satunya untuk menghitamkan rambut secara alami. Ini karena minyak kelapa mengandung asam laurat yang cukup tinggi. Kehadiran asam laurat ini untuk membuat minyak kelapa, agar lebih mudah terserap dalam batang rambut.

Hasilnya, rambut tak hanya hitam alami, tetapi juga tampak lebih sehat dan kuat. Cara memanfaatkannya pun cukup mudah. Tinggal oleskan minyak kelapa secukupnya ke rambut secara rutin. Biarkan beberapa saat, baru kemudian bersihkan kembali dengan sampo maupun kondisioner.

Buah Alpukat

Siapa yang tak tahu alpukat? Buah satu ini tak hanya enak dikonsumsi terutama saat diet, tetapi juga dapat dimanfaatkan untuk menghitamkan rambut secara alami. Ini karena alpukat mengandung minyak alami dan lemak baik yang dapat memberikan kelembapan alami bagi rambut. Alpukat juga kaya vitamin yang dapat menutrisi kulit kepala dan menjaga rambut tetap sehat.

Kandungan kalium dan magnesium di dalamnya dapat membantu rambut jadi terlihat lebih halus dan berkilau, hingga berwarna hitam alami. Untuk memanfaatkannya, lumatkan satu buah alpukat dan tambahkan dua sendok makan minyak kelapa, aduk sampai rata. Jadikan masker rambut secara merata. Biarkan meresap, lalu keramaslah sampai bersih.

Daun Sage

Kerap dimanfaatkan sebagai bumbu dapur, daun sage ternyata juga bisa dimanfaatkan untuk menghitamkan rambut secara alami. Selain mengandung pigmen yang dapat menutupi uban secara alami, rempah satu ini juga kaya antioksidan yang disinyalir dapat mencegah munculnya uban baru.

Untuk memanfaatkannya, seduh satu cangkir daun sage kering dalam satu liter air mendidih selama 30 menit. Biarkan dingin, kemudian saring airnya. Sebelum itu, pastikan untuk keramas dan keringkan rambut dengan handuk terlebih dulu. Tuang air sage pada rambut sampai meresap, kurang lebih sekitar 15 menit. Bilas rambut sampai bersih.

Minyak Wijen

Diketahui minyak wijen merupakan sumber asam lemak omega-3 dan 6 yang cukup besar. Kedua jenis asam lemak ini diyakini dapat meningkatkan pertumbuhan rambut. Selain itu, apabila digunakan sebagai masker rambut, minyak wijen ini dapat memperkuat rambut dan mencegah ujung rambut bercabang.

Ketika diaplikasikan, minyak wijen ini dapat membuat rambut tampak lebih berkilau dan bebas kusam. Hal ini karena minyak wijen bersifat emolien yang mengisi celah dan membentuk segel pada pelindung rambut.

Serbuk Kopi

Kopi mengandung kafein yang diyakini dapat membuat warna rambut menjadi lebih hitam. Bahan satu ini bahkan dapat membantu menggelapkan rambut beruban secara alami. Untuk memanfaatkannya, seduh kopi hitam murni, tanpa gula, krimer apalagi susu.

Campurkan setengah cangkir kopi dan dua sendok makan bubuk kopi, serta satu cangkir kondisioner rambut tanpa bilas. Oleskan pada rambut yang bersih dan lembap. Biarkan masker kopi ini mengeras selama satu jam. Kemudian, bilas sampai bersih. Ulangi sampai warna rambut lebih gelap sesuai keinginan.

Tinggal sekarang, mana bahan alami yang ingin kamu coba duluan? Cobalah mengaplikasikannya secara rutin, agar rambut hitam alami yang diinginkan bisa didapatkan secara maksimal. Selamat mencoba di rumah ya!

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading