KAPANLAGI NETWORK
MORE

Presentasi Teatrikal Koleksi Fashion Kolaborasi Major Minor dan Eko Nugroho

Kamis, 26 November 2015 18:30 Oleh: Stanley Dirgapradja

Fashion tak bisa dipisahkan dari dunia seni itu sendiri. Proses penciptaan jadi roh utamanya. Jadi bila koleksi fashion dipaparkan secara teatrikal, dalam hawa seni yang dalam, tidak begitu aneh.

Eko Nugroho X Major Minor, Komunits Salihara

Menyusul show koleksi kolaborasi ini di Jakarta Fashion Week lalu, koleksi Major Minor dan Eko Nugroho akhir pekan lalu giliran dihadirkan lewat presentasi yang lebih teatrikal di Komunitas Salihara, daerah Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Dalam atmosfir berbeda, koleksi ini disaksikan oleh puluhan mata yang rasanya sebagian besar juga tak sempat melihat koleksi ini di runway JFW 2016.

Runway terang benderang JFW berganti menjadi hall teater yang leap, di mana penonton melihat dari 3 arah berbeda (depan, samping kiri dan kanan). Musik psikedelik menemani langkah tiap model yang muncul dari sudut ruanagan. Rute lurus ala runway, berganti menjadi petak petak kecil yang diterangi lampu sorot dari langit-langit. Dalam pola yang menyerupai gerakan permainan snake di ponsel Nokia lama (silakan bayangkan).

Dibagi ke dalam 3 sekuen, beberapa model berjalan bergantian dengan langkah yang begitu pelan. Ditutup dengan semuanya berkumpul di tengah panggung, di bawah sorot satu lampu yang sama. Presentasi fashion yang unik, teatrikal, dan tidak khas sebuah fashion show. Di mana sorot lampu tunggal dari langit-langit tadi, sebenarnya memberikan cara pandang baru bagi detail-detail koleksi fashion ini.

Bila memang pola mirip sisik yang menjadi signature Eko Nugroho, hadir berulang kali di karya-karyanya, termasuk koleksi kolaborasinya bersama Major Minor ini adalah simbol dari doa yang dilakukan berulang-ulang – maka doa dalam perwujudan koleksi fashion ini dilakukan dalam suasana yang pas. Berdoa lebih pas dilakukan dalam suasana temaram, hening, lepas dari distraksi. Rasanya sakral, membayangkan tiap items yang muncul di panggung adalah doa yang sedang disampaikan.

There you go, seni dan fashion memang tak bisa dipisahkan. Presentasi fashion selalu bisa dilakukan dengan cara yang tidak konvensional alias tidak selalu di runway yang umum. Dan karya seni yang abstrak sekali pun bisa saja dipaparkan dengan cara yang fashionable.

Komentar Anda
Keep going