Sukses

Fashion

5 Sumber Protein Terbaik yang Mendukung Kesuksesan Dietmu

Fimela.com, Jakarta Bagi kamu yang sedang menjalani diet, kamu pasti sudah tahu kalau asupan protein yang cukup adalah wajib hukumnya. Namun, apakah kamu yakin kalau selama ini tubuhmu dapat asupan protein yang cukup? Protein sendiri diperlukan untuk menjaga tubuh agar optimal. Baik untuk saluran pencernaan, hormon, fungsi otak, atau pergantian sel-sel dalam tubuh.

Oleh karena itu, makanan berprotein harus menjadi bagian dari setiap makanan sehari-hari untuk memastikan kalau kamu punya persediaan asam amino sepanjang hari. Berikut adalah beberapa makanan yang menjadi sumber protein terbaik yang bisa kamu masukkan ke dalam menu dietmu. Cekidot!

Daging. Mungkin sudah banyak yang mengetahui secara jelas kalau daging adalah sumber protein yang bagus. Tiap tiga ons daging menawarkan 25 gram protein. Selain itu, daging juga mengandung vitamin B kompleks yang penting untuk metabolisme yang mengubah makanan menjadi energi. Baik daging sapi, domba, ayam juga merupakan sumber vitamin, besi dan seng yang baik serta menjaga kalorimu. Sedangkan daging tuna mengandung 20 gram protein setiap tiga ons. 

Sumber protein berikutnya banyak dijumpai dalam daging | via: wholesalemeats.com.au

Telur. Satu telur mengandung 6 gram protein. Sebagian besar sumber protein berasal dari putihnya saja. Sedangkan kuning telur adalah sumber dari mikronutrien seperti kolin yang mendukung struktur sel dan perilaku seseorang.

Buat kamu yang bukan vegetarian, telur sangat baik untuk kesehatanmu. Selain kaya akan protein, telur juga kaya akan vitamin A dan D | via: bgr.com

 

Yogurt. Pada 225 gram yogurt tawar mengandung 11 gram protein di dalamnya. Selain sumber protein yang baik, yogurt juga sumber probiotik yang mendukung kesehatan usus. Yogurt dikemas dalam berbagai varian sehingga kamu bisa memilih sesuai kebutuhan. Konsumsi yogurt dengan buah kering atau pakai yogurt Greek sebagai pengganti mayones dengan resep yang sama.

Greek yogurt (Via: learn.uvm.edu)

Susu. Mencari sumber protein pada setiap tegukan? Kamu bisa mendapatkannya dari susu. Baik dari susu, maupun produk yang diolah dari susu, keduanya mengandung protein. Setiap 230 mililiter susu skim mengandung 8 gram protein, susu kedelai 6 gram, susu almond dan susu beras mengandung protein sebanyak 1 gram. Meski sedikit, namun jika kamu mengonsumsi secara rutin dengan makanan yang mengandung protein lain, dijamin asupan proteinmu akan tetap terpenuhi.

Minum susu hangat | via: pinterest.com

Kacang-kacangan. Satu ons kacang pistasi dan almond mengandung 3-6 gram protein. Selain itu, kacang juga menawarkan antioksian dan lemak baik bagi kesehatanmu. Konsumsi kacang tersebut sebagai camilan atau campuran di salad. Jika kamu memilih selai kacang, ambil sekitar 1 sendok makan. Bahkan ketika kamu lagi diet, kacang-kacangan bisa menggantikan nasi, jagung, atau kentang, lho.

Kacang bisa gantikan nasi, jagung, dan kentang. | via: thekitchn.com

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading