Sukses

Fashion

Eksklusif, Nina Kozok dan Kenangan Jadi Model Victoria's Secret

Fimela.com, Jakarta Menjadi model Victoria's Secret adalah impian banyak peragawati di dunia. Karena tak mudah untuk masuk dalam deretan Victoria'a Secret Angels begitu sebutan para model pakaian dalam kelas wahid itu. Nina Kozok adalah perempuan berdarah Batak bahkan Indonesia pertama yang mendapat kesempatan bergengsi ini. Bagaimana pengalaman Nina Kozok saat berlenggak-lenggok memamerkan busana karya Roy Raymond?

***

Nina tak menyangka akan terjun di dunia entertainmen. Mulanya ia bekerja sebagai karyawan di perusahaan multinasioal Apple Inc. Teman-temannya di perusahaan yang memproduksi beragam gadget canggih itu melihat potensi besar yang dimiliki perempuan blasteran Indonesia (Batak)-Jerman ini.

 

"Saya dulu kerjanya di Apple Inc., dan di sana teman-teman kerja saya malah mendorong saya untuk masuk Agency Model. Wah, pikir saya teman-teman kantor sama seperti tante saya, yang sejak saya kecil sudah mendorong untuk ikut modelling," kenang Nina.

Nina Kozok. ( Fotographer: Febio Hernanto, Digital Imaging: Muhammad Iqbal Nurfajri/Bintang.com )

Ia benar-benar berani dan bergabung dalam sebuah agency model saat berkunjung kepada orang tuanya di Hawaii. Saat itu Nina masuk salah satu agency model ternama di negara bagian Amerika itu. "Dari situ saya masuk agency Kathy Muller di Hawaii," katanya.

Tak berapa lama setelah bergabung dengan Kathy Muller Agency, Victoria's Secret akan membuka cabang di Waikiki Hawaii. Dalam prosesi pembukaan gerai di sana itu menampilkan para model yang tergabung dalam Victria's Secret Angels. Tetapi tak hanya model-model kondang yang sudah malang melintang di pergelaran busana dunia, model lokal pun diminta untuk ikut serta. Setelah melakukan serangkaian seleksi, Nina masuk dalam seleksi itu. Jadilah ia masuk dalam jajaran Victoria's Secret Angels.

Nina Kozok. ( Fotographer: Febio Hernanto, Digital Imaging: Muhammad Iqbal Nurfajri/Bintang.com )

Bintang film Gengster ini tak menyangka dirinya akan terpilih menjadi salah satu Victoria's Secret Angels. "Aku benar-benar enggak menyangka. Kok saya bisa terpilih. Itu job pertama bersama Victoria's Secret yang amat berkesan," kenangnya.

Malang melintang sebagai model di Hawaii, Amerika, Jepang, Thailand, akhirnya Nina Kozok menjadikan tanah leluhurnya sebagai base camp-nya dalam berkarier sebagai model. Beragam produk kecantikan terkemuka seperti Ponds, Citra sudah dibintanginya. Ia juga laris menjadi model video klip. Ia dipercaya menjadi model video klip Raffi Ahmad dan group Band D'masiv. Terakhir wajah moleknya  beradu akting dengan Ariel Noah untuk video klip terbaru mereka yang berjudul Cinta Bukan Dusta.

Namun karena berbagai hal Nina kemudian lebih enjoy menjadi model yang tidak memeragakan pakaian dalam. "Pada dasarnya saya tidak terlalu nyaman berbusana seperti layaknya Victoria's Secret Angels pada umumnya. Makanya saya lebih memilih model produk kosmetik, busana, dan lain-lain. Itu buat saya lebih nyaman," ujarnya kepada Edy Suherli, Abraham Tyron dan Febio Hernanto di kantor Bintang.com di Menteng, Jakarta Pusat, pada Senin (30/11/2015). Berikut petikan selengkapnya.

 

Tak Menyangka Menjadi Victoria's Secret Angels

Nina Kozok terjun ke dunia model karena faktor eksternal.  Ia didorong tante dan juga teman kerjanya untuk masuk dalam agency model. Ia makin kaget lagi saat dipilih menjadi salah seorang model yang akan memeragakan pakaian dalam kondang Victoria's Secret saat akan membuka gerai di Hawaii.

Boleh diceritakan sejak kapan Anda menekuni dunia modelling dan juga entertainmen pada umumnya? 

Saya terjun ke dunia entertainmen karena dorongan orang. Ya mulai dari tante sampai teman kerja. Saya masuk ke dunia entertainment saat saya lagi kunjungi orangtua saya di Hawaii tahun 2011. Tante saya dari kecil selalu menyarankan pada saya untuk ikut dunia modelling. Saya dulu kerja di Apple Inc dan teman-teman kerja saya juga push saya untuk masuk Agency. Dari situ saya masuk agency Kathy Muller di Hawaii.

Seperti apa kiprah awal Anda di dunia modelling?

Mendapat sambutan bagus di Hawaii, saya di terbang ke Jepang untuk beberapa job. Dan menjadi bintang iklan di Thailand. Banyak tawaran datang pada saya saat bergabung dengan area management di Bangkok. Tidak sedikit tawaran untuk main di mini series, film atau host di sana. Tapi untuk belajar bahasa Thailand mungkin akan makan waktu yang cukup lama. Jadi saya memutuskan untuk masuk entertaimen di Indonesia. Mulai dari model majalah dan bintang iklan di Indonesia akhirnya saya mendapat tawaran film pertama saat bergabung dengan 8management.

Nina Kozok. ( Photographer: Febio Hernanto, Digital Imaging: Muhammad Iqbal Nurfajri/Bintang.com)

Siapa yang banyak besar mendorong Anda untuk menekuni dunia modelling?

Ya tante saya yang di Hawaii. Dia yang banyak mendukung saya menekuni dunia entertainmen
ini.

Apa tantangan saat memulai karier sebagai model? 

Tantangan jadi model mungkin saingannya yang sangat banyak ya, hehehe.  Rata-rata model-model yang banyak diminati adalah yg tingginya di atas 175 cm, tapi saya tidak setinggi itu.
Awalnya saya tidak pernah menyangka akan sampai seperti saat ini. Saya sangat bersyukur.

Anda pernah menjadi model Victoria's Secret, bisa dicertikan soal ini?

Ya benar. Saat itu saya berkesempatan untuk menjadi salah satu model Victoria's Secret. Ceritanya pada waktu itu Victoria's Secret membuka toko baru di Waikiki hawaii. Dan mengundang Victoria's Secret Angels untuk acara ini. Mereka juga menginginkan kehadiran model lokal dan saya mendapat kesempatan itu.

Seru dong menjadi salah satu model Victoria's Secret?

Oh ya, itu pengalaman yang amat berharga. Bayangkan saya berjalan bersama deretan model Victoria's Secret yang lainnya. Semuanya tinggi-tinggi. Tanpa high heels saja mereka sudah tinggi banget.

Mengapa Anda tak mau lagi  menjadi Victoria's Secret Angels?

Pada dasarnya saya tidak terlalu nyaman berbusana seperti layaknya Victoria's Secret angels pada umumnya. Namun karena saat itu sudah kontrak yang mau tidak mau.

Enggak kangen menjadi Victoria's Secret Angels?

Ya kangen sih. Tapi biarlah itu menjadi kenangan indah bagi saya.

Nina Kozok. ( Fotographer: Febio Hernanto, Digital Imaging: Muhammad Iqbal Nurfajri/Bintang.com )

Apakah punya keinginan untuk menjadi desainer atau punya usaha busana seperti boutique, clothing line, dll.,?

Pada dasarnya saya memang ingin terjun ke dunia bisnis. Apa tepatnya saya belum tahu. Pernah terfikir juga untuk menjadi designer dan punya clothing line sendiri. Tapi bagi saya buka clothing line sudah terlalu mainstream saat ini. Saya ingin sesuatu yang beda dan unik tapi belum tahu apa. Bisa bantu ide? Hahaha.

Bagaimana ceritanya Anda bisa merambah ke dunia film, siapa yang mengajak?

Seminggu setelah bergabung dengan 8management setelah hampir satu tahun freelance di Jakarta saya dapat tawaran untuk casting film. Gangster adalah film pertama saya. Casting pertama saya membawa saya jadi pemeran di film pertama saya.

Setelah film Gangster, anda akan main film apa lagi?

Untuk saat ini belum ada. Saya sedang fokus di iklan. kalau ke depannya ada tawaran film lagi yang menarik mungkin saya akan main film lagi.

Apakah anda punya obsesi ingin bermain film dengan siapa?

Gak punya obsesi untuk bermain dengan aktor tertentu. Saya akan sangat senang beradu peran dengan aktor yg berbeda-beda agar dapat ilmu yang lebih banyak. Bagi saya ketemu sama banyak orang, belajar banyak hal dan berbagi cerita juga pengalaman akan sangat berharga buat saya pribadi.

Gemar Travelling dan Suka Makan

Menjadi model internasional membuat Nina Kozok melanglang buana ke berbagai negara. Kesempatan pergi ke berbagai negara untuk menjadi model itu sekali gus dimanfaatkan Nina untuk menikmati keindahan alam negara yang menjadi lokasi kerjanya. Dan satu lagi yang tidak ia lupakan, menikmati aneka kuliner khas negara yang ia sambangi.

Anda amat suka travelling, daerah tujuan wisata mana yang paling di suka baik di dalam maupun di luar negeri? 

Ya sayang sangat suka travelling. Tempat favorite saya kalau di Indonesia adalah daerah yang disebut Batu Karas di Bali. Karena masih sepi dan asri, dan menurut saya tempat yang sangat bagus untuk saya belajar surfing. Kalau di luar negeri favorit saya adalah Maroko. Salah satu pengalaman travelling yang tidak akan pernah saya lupakan. Tempat yang indah dengan makanan yang sangat enak-enak.

Apa aktifitas wajib yang anda lakukan saat berada di lokasi wisata?

Hal yang paling wajib dilakukan saat berkunjung di tempat wisata adalah mencoba makanan lokalnya. Dan mengunjungi tempat-tempat istimewa di tempat wisata itu. Kalau tempat wisata  itu menyediakan wahana bermain atau kegiatan outdoor pasti saya akan mencobanya. 

Nina Kozok. ( Fotographer: Febio Hernanto, Digital Imaging: Muhammad Iqbal Nurfajri/Bintang.com )

Dalam setahun berapa kali Anda travelling, terakhir ke mana tarvelling?

Kalau itu enggak tentu juga ya. Selama ini saya sering travelling salah satunya juga karena kerjaan. Kadang ada syuting di Bangkok, Singapura, India, bahkan Argentina. Kalau untuk diri sendiri udah pasti 1x setahun saya harus ke Hawaii mengunjungi orang tua saya. Atau sekedar jalan-jalan untuk refreshing ke Bali atau ke Singapura yang dekat-dekat saja. Rencana tahun depan ingin traveling ke Eropa. Saya sangat ingin melihat langsung aurora borealis sebelum menghilang.

Anda sering melakukan aktifitas luar ruang saat travelling, tidak takut terbakar sinar matahari, apa tips untuk menjaga kulit saat berada di luar ruangan?

Yang paling penting selalu pakai sunscreen ketika melakukan kegiatan di luar ruangan. Pada dasarnya kulit saya tidak terlalu putih. Bagi saya yang paling penting itu menjaga kulit agar tetap sehat. Masker dan lulur dapat menjaga kelembaban kulit. Juga penggunaan lotion setiap hari agar tidak kering.

Seperti apa anda menjadi tubuh agar tetap cantik, seksi dan kulit yang bersinar?

Selain perawatan saya juga berolah raga. Ini penting untuk menjaga kebugaran dan elastisitas otot. Dengan olahraga teratur stamina juga menjadi lebih baik. Itu saja tips saya. Enggak sulit kan.

Nina Kozok. ( Fotographer: Febio Hernanto, Digital Imaging: Muhammad Iqbal Nurfajri/Bintang.com )

Soal kuliner, makanan apa yang paling anda suka?

I love food! Hehehe pada dasarnya saya selalu suka makanan apa aja. Tapi kalau di tanya favorite saya suka Japanese food. Seperti sushi dengan wasabi menurut saya masakan Jepang cukup sehat. Selain itu juga masakan Perancis, Itali dan India, saya suka sekali kari.

Makanan apa yang paling tidak disukai?

Ini pertanyaan yang cukup sulit, hehehe. Soalnya saya kurang semua jenis makanan, kecuali internal organs atau kata orang Indonesia jeroan seperti ampela, hati, usus, dan lain-lain. Kalau daging ayam, daging sapi, daging kambing oke.

Anda tetap langsing meski suka beragam makanan, kok bisa?

Kuncinya jangan terlalu banyak. Makan secukupnya saja. Kalau sudah agak banyak diimbangi dengan diet dan olah raga. Apalagi sebagai model saya dituntut untuk memiliki tubuh yang proporsional.

Setinggi-tinggi bangau terbang, akhirnya kembali ke kubangan juga. Meski sudah mencicipi karier di berbgai negara Nina Kozok akhirnya menetapkan tanah leluhurnya sebagai base camp untuk berkarier. Ia merasa nyaman berkarier di Indonesia daripada di negara lain.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading