Sukses

Fashion

Makanan Indonesia Ini Termasuk Sajian Nasi Terbaik Dunia

Fimela.com, Jakarta Kita semua tahu makanan utama masyarakat Indonesia adalah nasi. Selain di Indonesia, makanan yang terbuat dari beras ini termasuk salah satu bahan pangan yang menjadi makanan pokok di beberapa negara khususnya di kawasan Asia.

Dengan beragam kebudayaan dan tradisi masyarakatnya, tiap negara pun punya cara yang berbeda-beda dalam membuat sajian nasi. Beberapa waktu lalu sebuah laman media kuliner The Daily Meal merilis daftar The World’s 20 Greatest Rice Dishes atau ’20 Sajian Nasi Terbaik Dunia’ berdasarkan cita rasa serta keunikan penyajian nasi dari berbagai negara. Indonesia sebagai negara dengan makanan pokok nasi ternyata masuk dalam daftar tersebut.

Sajian nasi apa yang mewakili Indonesia dalam daftar The World’s 20 Greatest Rice Dishes?. Seperti dilansir dari sebuah media online, yang berhasil masuk dalam daftar ternyata bukan nasi goreng atau nasi uduk, tapi nasi kuning. Nasi kuning menjadi perwakilan sajian nasi terlezat dunia versi The Daily Meal.

Seperti kita ketahui, nasi ini dimasak dengan santan dan kunyit sebagai pewarna kuning. Lalu biasanya disajikan dengan bentuk kerucut dengan pelengkap lauk-pauk seperti tempe oreg/kering, telur gulung, teri, kacang, perkedel, tahu dan tempe, serta telur. Nasi kuning juga banyak tersedia dalam kemasan kotak atau boks kecil.

Warna kuning pada nasi melambangkan emas sehingga nasi kuning kerap hadir dalam upacara syukuran sebagai lambang keberuntungan. Mungkin karena sarat makna inilah yang membuat nasi kuning begitu mendunia. Sajian nasi lainnya yang masuk dalam daftar tersebut adalah nasi biryani (India), bibimbap (Korea), Jambalaya (AS) dan sushi (Jepang). 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading