Sukses

Fashion

4 Kuliner Khas Surabaya, dari Pecun Sampai Setan

Fimela.com, Jakarta Negara kita memang punya keragaman dan kekayaan kuliner yang luar biasa. Tiap daerah mempunyai beragam jenis masakan yang unik dan menarik serta lezat tentunya. Salah satunya di Surabaya, Jawa Timur. Beragam jenis makanan khas bisa ditemukan di Kota Pahlawan ini.

Hampir semuanya menyajikan kenikmatan istimewa.  Tapi Kota Pahlawan sepertinya tak boleh jadi julukan tunggal bagi Surabaya. Pasalnya, kawasan pelabuhan di ini juga merupakan 'surga' kuliner. Sebagai pusat pemerintahan, area yang telah bertransformasi menjadi smart city ini hampir memiliki semua kuliner favorit dari berbagai daerah di Jawa Timur.

Walaupun jaman sudah maju dan teknologi sudah sangat canggih, tapi Surabaya tak melupakan kuliner tradisional mereka. Seperti dilansir dari sebuah media online, berikut ini empat makanan dengan nama khas yang wajib Anda buru kalau sedang berada di Surabaya.

Rawon Setan

Tempat makan yang satu ini bukan hanya terkenal di seantero Surabaya, tapi juga di telinga para pelancong dari berbagai daerah. Rawon Setan merupakan sup daging khas Jawa Timur yang kuahnya berwarna hitam pekat.

Warna hitam itu berasal dari kluwek yang merupakan bumbu utama dari masakan ini. Jadi kalau sedang berkunjung ke Surabaya, jangan sampai lupa untuk mampir ke warung Rawon Setan yang berlokasi di Jl. Embong Malang, Genteng, Kota Surabaya,

Nasi Goreng Jancuk

 

😖😖

Foto kiriman Fenita Setiobudi (@fenisetiobudi) pada

Salah satu tempat makan yang tak boleh dilewatkan adalah Nasi Goreng Jancuk. Sesuai dengan namanya, menyantap makanan ini memang bisa membuat kita mengumpat karena keenakan dan kekenyangan.

Nasi Goreng ini terkenal dengan porsinya yang besar dengan rasa pedas maksimal. Satu porsinya saja bisa dimakan untuk empat sampai lima orang. Nasi Goreng Jancuk berlokasi di Restoran Kartini, Surabaya Plaza Hotel, Jl.Pemuda, Surabaya.

Soto Cak Har

 

@Soto Lamongan Cak Har😀

Foto kiriman Muhammad Alfin Syahputra W (@alfinsyahputra20337) pada

Soto Lamongan sudah termasuk menu wajib yang harus kita cicipi bila berada di Surabaya meski sebenarnya bukan berasal dari daerah ini. Kini, Soto Lamongan paling terkenal di Surabaya ada di warung Cak Har. Tempat ini punya berbagai varian soto, mulai dari ayam, ceker, sapo, brutu, hingga jeroan. Jadi jangan sampai melewatkan makanan yang berlokasi di Jl. Dr. Ir. H. Soekarno ini.

Mie Pecun

 

Lanjut kuliner lagi #miepecun #miepecunsurabaya #kulinersby 😂

Foto kiriman Ekky Ardiansyah (@ekky.ardiansyah) pada

Makanan khas Surabaya yang satu ini namanya cukup menarik perhatian, Meskipun tergolong masih baru, Mie Pecun sudah cukup terkenal di Surabaya. Tumisan mie kuah yang dicampur dengan telur, irisan udang, serta kornet dijamin akan membuat kamu ketagihan.

Mie Pecun yang cocok buat penyuka makanan pedas ini bisa ditemui di Jl. Anjasmoro, Sawahan, Kecamatan Sawahan, Surabaya. Di sini ditawarkan berbagai tingkat kepedasan, seperti Paket Klimax (super pedas), Paket Galau (pedas biasa), Paket Semriwing (pedas sedang, dan Paket Culun (tak pedas). Jadi kamu tinggal pilih, mau Culun atau Klimax?

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading