Sukses

Fashion

Tips Membuat Mie Goreng yang Enak dan Sehat

Fimela.com, Jakarta Selain nasi, mie bisa dibilang jadi makanan utama masyarakat Indonesia saat ini. Salah satu menu mie yang banyak disukai adalah mie goreng. Selain enak, kita sebaiknya juga memperhatikan faktor kesehatan dalam menyantap makanan. Lalu bagaimana dengan mie goreng? Menyajikan mie goreng tentunya bisa dijadikan alternatif mengganti menu nasi sebagai sumber karbohidrat dengan mie.

Olahan mie goreng menggunakan olahan mie yang terbuat dari tepung gandum sehingga kaya karbohidrat. Sajian yang lezat tidak terlepas dari kualitas mie yang digunakan untuk mendukung rasa yang cocok di lidah. Sayangnya membedakan mie yang enak dan tidak biasanya cukup sulit dan bisa diketahui usai disantap, hal yang penting ialah menggunakan mie yang sehat.

 

#homecooking #homemade #noddles #firsttrial #miementah

Foto kiriman Erni Jonathan (@_erni_j) pada

Berikut beberapa kiat dari laman Loop dalam menemukan mie dengan karakteristik yang sehat untuk menjaga kualitas mie goreng telur spesial yang dibuat. Pertama, mie yang bebas bahan berbahaya biasanya punya tekstur yang lembut saat dipegang. Kedua, aroma mie ketika dicium ialah antara tepung dan telur, dan jauh dari aroma obat yaitu akibat dari penambahan formalin, dan zat berbahaya lainnya.

Ketiga, ketika direbus maka air rebusan akan berubah warna menjadi keruh, hal ini karena adanya sisa tepung maupun telur.Keempat, karena tidak menggunakan campuran bahan kimia, menjadikan mie tidak tahan lama dan mudah rusak.

Mie yang sehat sebaiknya memang dibuat sendiri sehingga tahu bahan apa saja yang masuk dan menjamin lebih steril. Agar sajian mie goreng telur spesial tidak hanya enak tapi juga sehat sebaiknya perhatikan karakteristik mie yang sehat di atas. Hal ini penting agar kesehatan keluarga terjaga dengan baik dengan mengkonsumsi makanan yang baik dan berkualitas.

Banyaknya bahan berbahaya yang dimasukkan ke dalam bahan makanan menjadikan kita harus lebih selektif. Selain mengetahui cara membedakan mie yang sehat dan mengandung bahan berbahaya, anda juga wajib tahu cara mengolah mie yang benar. Sehingga mie goreng telur spesial semakin istimewa, berikut tipsnya:

1. Selalu awali mengolah mie dengan merebusnya terlebih dahulu, baik jenis mie basah maupun kering.
2. Didihkan air terlebih dahulu baru masukkan mie dengan lama waktu yang tepat sesuai jumlah mie yang diolah agar teksturnya bagus.
3. Usai direbus siram menggunakan air dingin.
4. Dilanjutkan dengan memercikkan minyak kemudian diaduk rata agar mie tidak menempel satu sama lain.
5. Sebaiknya mencampur bumbu dalam wadah kemudian siram ke mie baru diaduk dalam wajan.

Supaya olahan mie lebih bergizi maka sebaiknya Anda menambahkan bahan-bahan pelengkap yang memberikan nutrisi. Bisa berupa ragam sayuran seperti wortel, sawi hijau, kembang kol, dan jenis sayuran hijau lainnya.

Buat penambah protein Anda bisa menambahkan udang, daging ayam, daging sapi, maupun telur. Padukan dengan takaran bumbu yang pas untuk jaminan kelezatan mie goreng telur spesial yang akan kita sajikan.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading