Sukses

Fashion

Papeda, Kuliner Khas Papua yang Unik dan Menyehatkan

Bintang.com, Jakarta Indonesia memang kaya akan keragaman kuliner. Tiap daerah mempunyai makanan khas yang unik dan menarik. Termasuk Papua yang merupakan daerah di Indonesia bagian timur yang memiliki wilayah sangat luas dengan kekayaan alam yang sangat berlimpah. Bukan hanya sebagai penghasil tambang emas terbesar di dunia, panorama alam Papua sangat eksotis dan menawan.

Beragam suku pun mendiami tanah Papua. Masyarakat Papua memiliki makanan yang khas dan cukup unik yang terbuat dari bahan dasar sagu, yaitu papeda. Bentuknya sekilas seperti bubur lem. Seperti dilansir dari panganpedia, papeda terbuat dari sagu mentah yang dimasak sehingga memiliki tekstur dan bentuk serupa dengan lem yang kenyal dan berwarna agak putih.

 

Eat Papeda and feel happy 😍 #papeda #happy #gastro #traditional #mollucas #food

Foto kiriman Indhira Gita Kinong (@dheegita) pada

Papeda memang tidak memiliki rasa karena cenderung hambar, sehingga biasanya disajikan bersama dengan kuah kuning ikan tongkol atau ikan gabus. Bagi masyarakat Papua, papeda menjadi makanan utama seperti halnya nasi atau jagung. Selain bentuknya yang unik, cara mengkonsumsinya pun tergolong unik yaitu dengan cara menyeruput menggunakan sumpit.

Yang menarik lagi, papeda mempunyai kandungan gizi yang tinggi dan bahkan bisa mencegah berbagai penyakit. Sagu yang merupakan bahan dasar papeda, dalam setiap 100 gram-nya mengandung energi 209 kkal, protein 0,3 gram, karbohidrat 51,6 gram, lemak 0,2 gram, kalsium 27 mg, fosfor 13 mg, zat besi 0,6 mg, vitamin B 0,01 mg.

 

Orang ambon bilang "seng ada lawang" 👌🏼😋 #papeda

Foto kiriman Nadya N Rachmi Abbas (@nadyanrachmi) pada

Berdasarkan bahan baku yang digunakan, papeda merupakan sumber karbohidrat dan punya indeks glikemik yang rendah sehingga aman buat penderita diabetes militus. Selain itu, papeda yang juga banyak dijumpai di Maluku termasuk sumber serat tinggi yang berperan sebagai prebiotik yang menjaga mikroflora di usus sehingga kesehatan saluran cerna tetap terjaga.

 

Sa Ofa #popeda #papeda

Foto kiriman SiSi Yoisangadji (@sheseeyois) pada

Dengan kandungan serat yang tinggi, makanan ini juga dapat memperlancar buang air besar dan mencegah konstipasi. Nah, apakah kamu tertarik untuk mencoba menyantap kuliner khas Papua yang unik ini? Kamu tidak perlu jauh-jauh ke Papua karena di berbagai daerah sudah banyak rumah makan yang menyediakan papeda.

Loading