Sukses

Fashion

Mengenal Gulai, Hidangan Kari Khas Indonesia

Fimela.com, Jakarta Indonesia memang kaya akan kuliner. Salah satu bukti kekayaan kuliner kita adalah masakan gulai. Secara definitif, gulai adalah masakan berbahan baku daging ayam, aneka ikan, kambing, sapi atau sayuran seperti nangka muda dan daun singkong, yang diolah dalam kuah bumbu rempah yang bercitarasa gurih.

Seperti dilansir dari laman Xplor, ciri khas gulai adalah bumbunya yang kaya rempah antara lain kunyit, ketumbar, lada, lengkuas, jahe, cabai, bawang merah/putih, adas, pala, serai, kayu manis & jintan yang dihaluskan, dicampur, kemudian dimasak dalam santan gurih.

Masakan ini yang punya ciri khas berwarna kuning kecoklatan karena pengaruh sari kunyit. Gulai dianggap sebagai bentuk lain dari kari dan secara internasional sering disebut sebagai kari ala Indonesia, meskipun dalam seni kuliner Indonesia juga ditemukan berbagai jenis kari.

Hidangan ini berasal dari Sumatera sebagai hasil pengaruh dan penerapan seni memasak India yang kaya akan rempah dan bumbu seperti kari. Gulai termasuk hidangan dasar yang paling dikenal dalam masakan Padang.

Kuah atau bumbu gulai biasanya kental dalam hidangan Minangkabau, Melayu, dan Aceh, Sedangkan di pulau Jawa kuah gulai lebih cair menjadi semacam sup yang dihidangkan panas-panas yang berisi daging atau jeroan kambing.

 

#Repost @desytariyem: Sebenarnya memasak itu mudah. Siapapun bisa. Baik laki maupun perempuan. Tinggal mau, apa tidak. Senang, apa tidak. Ada waktu, apa tidak. Jadi memasak itu hobi. Bukan pekerjaan. Bukan keharusan. Apalagi dijadikan syarat (mencari calon istri/suami idaman) No No No Nooo. Tapi (tentu) ga ada salahnya juga belajar memasak. Agar calon/suami/istri bertambah sayangnyaaa. Dan tentunya (sekali lagi) dengan memasak sendiri akan lebih irit. Jadi bisa menabung untuk piknik. Piknik? Iyaa untuk piknik. Biar wajah ga pucat! Okey deh daripada tambah ga jelas kepsyennya..hahahaaa.. yukk masak ajaa.. happy cooking yaa GULAI KAMBING Bahan: 500 gr tulang iga kambing yg masih ada dagingnya 250 gr daging kambing 600 ml santan 2 sdm minyak untuk menumis Bumbu halus: 5 butir bawang merah 4 siung bawang putih 3 butir kemiri, sangrai 1 sdt ketumbar 1/2 sdt merica 3 btr cengkeh 3 btr kapulaga 2 ruas jari kunir, bakar Bumbu cemplung 3 ruas jahe, geprek 2 batang serai, geprek 2 ruas lengkuas, geprek 1 jari kayu manis 1 buah pekak 2 lembar daun jeruk 2 lembar daun salam Cara membuat: - masak daging dan tulang hingga setengah empuk, sisihkan. - tumis bumbu halus hingga harum, masukkan bumbu cemplung. - masukkan daging dan tulang, aduk merata. Beri sedikit air kaldu bekas rebusan daging. - tuang santan, aduk aduk. Masak hingga mendidih. Tambahkan garam dan gula. - masak hingga bumbu meresap ke daging dan kuahnya menyusut sebagian. #gulaikambing #berbagiresep #yukbelajarmasak #doyancooking #hobimasakid #masakandaerah #hobimasak #pocket_food #pics_at_home #foodie #foodies #foodporn #detikcom

Foto kiriman HOBI MASAK (@hobimasak.id) pada

Berbagai olahan gulai yang terkenal diantaranya adalah gulai nangka, gulai kikil, gulai kambing, gulai sapi dan gulai ayam. Kamu sendiri lebih suka gulai yang mana?

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading