Sukses

Fashion

Mana yang Lebih Enak, Sirloin atau Tenderloin Steak?

Fimela.com, Jakarta Steak ternasuk olahan daging sapi yang terkenal. Di setiap kota, kita akan selalu menemukan sajian yang mengenyangkan ini. Gairah bisnis kuliner ini merambah seluruh negeri, mulai dari steak dengan harga kaki lima sampai steak yang disajikan dengan harga menengah ke atas.

Aneka olahan daging sapi memang sangat lezat, apalagi kalau disajikan dengan beragam bumbu yang menggugah selera. Steak termasuk olahan daging yang banyak disukai. Tiap restoran yang menyajikan steak, punya berbagai macam menu dengan racikan bumbu andalan mereka.

Tenderloin Steak. foto: the skinny chick can bake

Apapun racikan steaknya, penggemar steak pasti tak pernah asing dengan kedua istilah daging sapi ini: sirloin dan tenderloin. Tapi sepertinya banyak juga orang yang belum tahu arti sirloin dan tenderloin. Lalu apa bedanya sirloin dan tenderloin?

Letak sirloin dan tenderloin

Seperti dilansir dari panganpedia, tenderloin (disebut juga fillet atau fillet mignon, red.) adalah daging has dalam, sedangkan sirloin adalah daging has luar. Tenderloin terletak pada bagian tengah sapi, sementara sirloin terletak di bawah iga sapi dan bagian luar tenderloin.

Tenderloin lebih mahal

Sirloin Steak. foto; Chicago Meat Authority

Daging tenderloin adalah bagian daging untuk steak yang paling mahal dibandingkan dengan daging lainnya. Tenderloin disajikan dengan ukuran daging yang lebih kecil daripada daging jenis lainnya, misalnya sirloin.

Sirloin lebih berlemak

Daging sirloin sebenarnya adalah bagian otot yang cukup sering digunakan sapi untuk bergerak. Sirloin biasanya diselimuti lapisan lemak dan dengan pemasakan yang tepat akan menghasilkan daging yang juicy (berair), gurih, dan empuk.

Mana yang lebih enak?

Steak  with mashed potatoes. foto: taste.com.au

Jadi mana yang lebih enak, sirloin atau tenderloin? Penilaian ini bergantung pada selera dan kebutuhan masing-masing orang. Buat kamu yang ingin berdiet, steak tenderloin jadi pilihan pas karena mengandung lebih sedikit lemak, walaupun rasanya menjadi lebih mild. Tapi buat yang menyukai cita rasa lemak khas steak yang enak dan juicy, sirloin jadi pilihan yang tepat.

Jangan lupa juga, cara memasak dan tingkat kematangan daging sangat mempengaruhi cita rasa olahan daging sapi yang satu ini. Jadi, steak mana yang kamu pilih?

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading