Sukses

Fashion

Apa Perbedaan Nasi Padang dan Nasi Kapau?

Fimela.com, Jakarta Siapa yang tak suka Nasi Padang? Kuliner khas Padang atau Minangkabau memang sangat populer. Bahkan salah satu makanan khas Minang yaitu rendang dapat predikat makanan terenak di dunia oleh CNN. Nah, selain Nasi Padang kamu mungkin juga sering mendengar nama Nasi Kapau, kan?

Meski sama-sama berasal dari daerah Minang atau Sumatera Barat, dan punya menu yang hampir sama, keduanya ternyata punya perbedaan. Berikut ini sejumlah perbedaan antara Nasi Padang dan juga Nasi Kapau versi qraved. Menu antara Nasi Padang dan Nasi Kapau memang hampir sama.

Doyan masakan Padang? Pastikan Anda cicipi masakan di restoran ini.

Ada gulai sayur nangka yang biasanya terdiri dari nangka muda, kol, dan juga rebung.  Tapi bedanya, kalau di Nasi Padang sayuran ini dipotong kecil-kecil, sedangkan di Nasi Kapau disajikan secara utuh, seperti misalnya kol yang di potong per lembar. Selain itu ada satu menu yang sangat khas dari Kedai Nasi Kapau yaitu Gulai Usus Sapi.

Di Rumah Makan Padang, kamu akan sangat jarang menemukan Gulai Usus Sapi. Selain menu, bumbu mereka juga berbeda. Di Rumah Makan Padang semua bumbu makanan sudah melalui proses tumis, sedangkan di Kedai Nasi Kapau tidak ada yang di tumis. Hal itu membuat Nasi Padang jauh lebih berminyak dibandingkan Nasi Kapau.

Nasi Kapau khas Sumatera Barat. foto: bhellabhello.wordpress.com

Perbedaan mendasar lainnya adalah soal cara peletakan menu. Kalau di Rumah Makan Padang, semua menu makanan ditaruh diatas etalase yang tinggi, sementara di Kedai Nasi Kapau, makanan dipajang di atas meja yang letaknya lebih rendah dari penjual.

Ada satu lagi perbedaan yang sangat mendasar. Nasi Kapau hanya di jual oleh orang asli Kapau. Kapau yang merupakan nama sebuah desa yang ada di Kabupaten Agam, Sumatera Barat ini menyebut nasi yang disajikan ala ‘warteg’ ini dengan sebutan Nasi Kapau.

Restoran Padang. foto: plus.google.com

Meski begitu restoran Nasi Kapau juga bisa dijumpai di daerah lain tapi tidak sebanyak rumah makan Padang. Walaupun punya perbedaan, tentu banyak yang setuju kalau kuliner khas Padang atau Sumatera Barat ini memang sangat enak dan selalu bikin ketagihan.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading