Sukses

Fashion

Fakta Unik dan Menarik Saus Tomat

Fimela.com, Jakarta Rasanya sulit membayangkan makan kentang goreng atau burger tanpa dicocol ke saus tomat atau saus sambal. Kalau saus sambal punya rasa pedas, saus tomat punya rasa manis dan gurih. Saus ini buat sebagian orang selalu wajib ada di meja makan. Menurut produsen saus tomat terkemuka Heinz, lebih dari 650 juta botol dari berbagai saus tomat terjual di dunia setiap tahun ke 140 negara.

Saus tomat dalam bahasa Inggris disebut ketchup. Tapi tahukah kamu mana nama itu berasal? Seperti dilansir dari antaranews, kata "ketchup" berasal dari kata Hokkien China "ke-tsiap", yaitu nama saus yang dibuat dari ikan fermentasi, sejenis saus ikan.

Saus Tomat. foto: strategi dan bisnis

Sepertinya pelaut dan pedagang Inggris menemukan itu saat datang ke Asia Tenggara pada 1600-an, saus ikannya dibawa oleh pedagang dari China ke Vietnam.Orang Inggris diduga berusaha meniru saus itu pada akhir abad ke-17 dan 18 karena ada referensi resep bernama Ketchup in Paste yang dipublikasikan Richard Bradley pada 1732.

Namun, versi ketchup yang ini jauh dari rasa yang kita suka sekarang karena resepnya berisi bahan-bahan seperti jamur, kenari, tiram, dan ikan asin demi mereproduksi rasa amis gurih. Ketchup awalnya berbentuk sangat cair, sebagian besar ditambahkan ke dalam sup, saus, daging dan ikan. Tomat sendiri baru dipakai sebagai bahan pada 1812.

Tomat bisa bantu tuntaskan jerawat batu. (via: istimewa)

Resep saus tomat yang pertama dikenal ditulis oleh James Mease, seorang ilmuwan dan holtikurturalis. Yang menonjol dari ketchup adalah bisa tahan lama sampai setahun, tapi masalah penyimpanan saus adalah hal sulit saat itu. Sementara, petani tomat berusaha menyelesaikan masalah masa panen yang singkat dengan menyimpan buah tersebut.

Saus pada masa lalu juga diperkirakan mengandung bahan pengawet berbahaya seperti tar batubara yang ditambahkan untuk memberi warna merah. Salah satu dokter dari Amerika Serikat, Harvey Washington Wiley, pada akhir abad ke-19 menegaskan kalau bahan pengawet tidak diperlukan selama bahan bakunya cukup berkualitas tinggi.

Saus Tomat atau Ketchup. foto: seriouseats.com

Dia kemudian bekerjasama dengan pria bernama Henry J. Heinz di Pittsburgh dan mulai memproduksi ketchup Heinz. Saus tomat bebas pengawet tersebut menggunakan tomat matang dan banyak cuka yang mendominasi pasar sampai saat ini.

 

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading