Sukses

Fashion

3 Makanan yang Bisa Lawan Efek Polusi Udara

Fimela.com, Jakarta Polusi udara sudah jadi masalah umum di kota besar di seluruh dunia. Meski begitu kita bisa mengurangi dampak buruk dari polusi dengan makanan tertentu. Salah satu acaranya dengan mengonsumsi makanan yang mengandung Omega-3.

Setidaknya ada 3 macam makanan yang masuk dalam kategori tersebut. Seperti dilansir dari antaranews, sebuah penelitian yang melibatkan hewan menunjukkan, asam lemak omega-3 (OFAs) dalam berbagai makanan termasuk dalam ikan laut, kacang kedelai dan bayam.

Ikan kakap merah dapat diolah menjadi masakan yang bergizi tinggi.

Ketiga makanan itu bisa mengurangi peradangan dan stres oksidatif yang disebabkan oleh polusi udara hingga setengahnya. Kita memang harus mewaspadai partikel yang terkandung dalam polusi udara karena bisa menembus paru-paru kemudian organ-organ utama, termasuk otak dan testis.

Inilah yang meningkatkan kemungkinan terjadinya masalah kesehatan. "Saya pasti akan merekomendasikan konsumsi OFAs untuk melawan masalah polusi udara," jelas pemimpin peneliti Jing Kang, dari Rumah Sakit Umum Massachusetts, bagian dari Harvard Medical School di Amerika Serikat.

Bayam | Via: istimewa

"OFAs dikenal memiliki banyak manfaat kesehatan lainnya, tidak seperti obat, tapi punya nutrisi dengan begitu banyak manfaat," lanjutnya.

Kang merekomendasikan konsumsi dua sampai empat gram Omega-3 per hari sebagai solusi praktis untuk mengurangi beban penyakit polusi udara.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading