Sukses

Fashion

Kopi Ternyata Bisa Picu Obesitas

Fimela.com, Jakarta Kopi termasuk minuman favorit banyak oran. Minuman yang satu ini semakin lekat dengan keseharian orang-orang urban. Tapi ingat, kebiasaan ini bisa berujung pada obesitas khusus pada minuman yang dibubuhi pemanis tambahan. Kopi dan teh menyumbangkan 5,1 persen kalori dari makanan yang disantap orang dewasa di kota besar Indonesia.

Hal itu berdasarkan studi yang dilakukan peneliti Helda Khusun dari SEAMEO-REFCON pada 864 pria dan wanita berusia 18-45 tahun di Jakarta Timur, Bandung, Surabaya, Makassar dan Medan. Helda mengatakan minuman itu berfungsi untuk membuat tubuh terhidrasi, seharusnya tidak menyumbangkan kalori.

Kopi (foto: Istimewa)

“Namun perkembangan sekarang ini banyak minuman berperisa manis, kontributor kalori dari gulanya,” ucapnya, seperti dilansir dari antaranews. Selain kopi dan teh, jenis minuman manis lain memberi kontribusi asupan kalori meliputi minuman soda (0,4 persen), jus buah (0,3 persen) dan lainnya (0,7 persen).

Teh manis menduduki peringkat pertama dalam daftar minuman yang sering dikonsumsi masyarakat urban Indonesia, setidaknya tiga kali sepekan. 33,4 persen responden mengaku sering minum teh manis, diikuti dengan jus buah (13,8 persen), kopi (12,9 persen), kopi instan (12,4 persen), teh kemasan botol (9,3 persen) dan jus kotak (4,2 persen).

Jangan lewatkan tips minum kopi berikut ini. Mungkin, seumur hidupmu akan berguna.

Ketua Perhimpunan Dokter Gizi Medik Indonesia Elvina Karyadi mengatakan pola konsumsi masyarakat urban ini jadi salah satu hal yang mengkhawatirkan. Parahnya lagi, aktivitas fisik orang-orang di perkotaan relatif rendah.

Kalau tidak segera dicegah, beban kesehatan yang harus ditanggung pemerintah akan semakin berat karena penyakit-penyakit pun mengintai masyarakat akibat gaya hidup tidak sehat. Jadi, kalau kamu minum kopi, teh maupun minuman lainnya, usahakan batasi dan kalau perlu tak usah menambahkan gula.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading