Sukses

Fashion

Deretan Kain Batik yang Dibuat dari Pewarna Alam

Fimela.com, Jakarta Batik merupakan warisan dari leluhur dan telah menjadi icon Indonesia, batik sendiri menjadi budaya bangsa Indonesia yang sudah diakui UNESCO pada tanggal 30 September 2009. Penggunaan batik terbuat dari bahan serat dan pewarna alami, sehingga dapat mengembangkan, melestarikan dan membina pengusaha atau pengrajin batik nasional.

Dalam menggali kearifan leluhur serta berperan dalam pelestarian dan pengembangan batik Indonesia maka Yayasan Batik Indonesia akan mengadakan Gelar Batik Nusantara (GBN) pada 7-11 Juni 2017 dengan memamerkan beberapa kain batik yang cantik mempesona melalui tema Pesona Batik Warna Alam. Pewarnaan batik itu sendiri berawal dari keanekaragaman hayati dari kulit kayu, daun, buah, bunga berbagai tanaman. Zaman dulu masyarakat yang membuat batik belum mengenal pewarna batik kimia seperti indigosol dan napthol, untuk mendapatkan warna-warna yang mereka inginkan mereka memanfaatkan dari tumbuhan sebagai pewarna alam misalnya manggis, mengkudu, soga, kunyit, daun indigo, daun jambu dan sebagainya. Berikut ini contoh beberapa kain batik yang dibuat dari pewarna alam.

1. Kain berbahan sutra dari Jepara ini bahannya tenun Gedog dari Tuban yang dibuat dari kapas alam, pencelupannya dengan mahogini. Pembatikan dilakukan di Imogiri, Jogjakarta.

Kain batik dari pewarna alam. (Bintang.com)

2. Batik dengan motif khas kastubo ini merupakan proses pembuatan batik dengan warna indigo alami. Proses pembuatan yang berkali-kali, sebanyak 20 kali celupan.

Kain batik dari pewarna alam. (Bintang.com)

3. Batik ini kombinasi cap handstamp bukan printing dan tulis. Cap handstamp sendiri dengan memakai cap tembaga dan batik dengan warna indigo ini dari Jogjakarta.

Kain batik dari pewarna alam. (Bintang.com)

4. Batik kawung dengan motif batik kastubo. Dilakukan dengan pewarnaan mahagoni dan indigo.
Batik kawung sendiri dikerjakan oleh pembatik dari Sukoharjo Jawa Tengah dan pembatik Imogiri Jogjakarta.

Kain batik dari pewarna alam. (Bintang.com)

5. Dan batik berwarna coklat ini adalah sogan. Dengan dua motif yakni parang yang dibatik oleh pembatik Sukoharjo Jawa Tengah. Dan juga batik lawasan dibatik oleh pembatik Tuban Jawa Timur.

Kain batik dari pewarna alam. (Bintang.com)

Gimana menurut kamu bagus dan cantikkan kain batik buatan Indonesia, kain-kain tersebut bisa kamu jadikan busana yang elegan.

 

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading