Sukses

Fashion

Tips Memilih Sepatu Lari dari Michael Wardian

Fimela.com, Jakarta Pernah membayangkan bagaimana rasanya lari 42.195 kilometer (km) selama tujuh hari berturut-turut di tujuh benua? Lomba lari tersebut dikenal dengan nama World Marathon Challenge. Michael Wardian, global brand ambassador Hoka One One, tidak saja memenangkannya, melainkan juga mencatatkan rekor tercepat.

Pria Amerika kelahiran 1974 ini mulai berlari dan berkompetisi di lomba triatlon sejak 1996 setelah ia menyudahi karier di cabang olahraga lacrosse di Michigan State University. Maraton pertamanya tahun tersebut adalah Marine Corps Marathon dengan hanya satu tujuan yaitu lolos kualifikasi Boston Marathon dan Michael berhasil lolos dengan waktu 3:08. Sejak itu, ia sudah menamatkan 170 maraton, 70 lebih ultra marathon, dan 2 triatlon.

Minggu (24/9/2017) Michael menemani 15 komunitas lari di Jakarta untuk berlari mengelilingi Kebun Binatang Ragunan. Selama lari, Michael menjawab rasa ingin tahu penggemar lari di Indonesia. Selain itu, dia juga membagi tips untuk memilih sepatu yang nyaman untuk lari.

Menurutnya ada tiga hal penting dalam pemilihan sepatu yaitu sepatu tersebut harus ringan, punya bantalan yang baik, and nyaman. “Tiga hal itu selalu aku perhatikan jika memilih sepatu," jelasnya. Michael tidak selalu menggunakan sepatu jalan raya di jalan raya dan sepatu lari lintas alam untuk lari lintas alam. Karena itu ia mengandalkan ketiga unsur tersebut untuk selalu ada pada sepatunya.

Jangan Lupa dengan Kaus Kaki

"Aku harus yakin ketika memakai sepatu itu pas di kaki. Setiap orang memiliki bentuk telapak kaki yang berbeda. Jangan ragu bertanya dan mencoba sepatu sebelum membeli. Pastikan sepatu itu nyaman di kaki," imbuhnya. Selain itu, perlu diketahui bahwa kaki akan mengembang ketika digunakan untuk lari dalam jarak jauh. "Tambahkan setengah ukuran yang seharusnya. Jadi saat lari kaki tidak akan terasa panas karena mengembang dan sesak," jelasnya.

Pelari Michael Wardian (kaos hijau) saat berlari mengelilingi Kebun Binatang Ragunan, Minggu (24/9/2017). (Foto: Istimewa)

Untuk menghindari cidera, selain mengenakan sepatu lari yang nyaman, kaos kaki juga sangat membantu. Jangan ragu mengenakannya saat lari. "Sekarang banyak produksi kaos kaki yang ada jarinya. Ini membantu mengurangi gesekan antar jari jadi tidak cidera," jelas Michael Wardian.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading