Sukses

Fashion

Batik, Tenun, Mutiara 3 Wasiat yang Dipamerkan di Event Warisan

Fimela.com, Jakarta Indonesia memiliki beraneka ragam warisan budaya dan seni yang harus dijaga dan dilestarikan, karena kekayaan tersebut sangat tak bernilai harganya. Maka dari itu, untuk kedua kalinya Pameran WARISAN atau Wasiat Agung Negeri Nusantara akan diselenggarakan di Jakarta Convention Center pada 23-26 November 2017 mendatang.

Pameran tersebut kali ini mengangkat tema Citra Bahtera Nusantara. Dengan menampilkan 3 wasiat Indonesia, yaitu batik, tenun dan mutiara. Dikutip dari press release yang diterima Bintang.com, secara khusus Pameran WARISAN bertujuan untuk menjaga seni dan budaya bangsa, juga sebagai apresiasi kepada Pembatik, Penenun, Pemerhati, Pengrajin dan Pengusaha Batik, Tenun dan Mutiara.

Hadi Sunarno, selaku Project Officer Pameran WARISAN mengungkapkan pameran ini ekslusif karena seluruh barang yang ditampilkan adalah asli dan bergaransi, dan ini pameran bergaransi pertama di Indonesia. 

Wasiat Agung Negeri Nusantara atau Warisan hadirkan batik, tenun, mutiara yang indah. (dok.Warisan)

"Batik yang ditampilkan hanyalah batik dari hasil penggunaan malam panas 100 persen dengan aplikasi batik tulis, cap atau kombinasi tulis dan cap", ucap Hadi.

Sedangkan untuk tenun akan dihadirkan pada pameran ini diantaranya tenun NTT dan songket Palembang. Dan juga mutiara yang dipilih merupakan mutiara air laut yang asli dan bersertifikat. 

Mutiara dari Indonesia Indah dan Long Life

Wasiat merupakan suatu tradisi yang mengakar dalam sejarah. Penulisan wasiat tidak hanya sekedar bermakna penyampaian pesan tetapi juga sebagai penghubung lintas generasi dan peralihan peradaban.

Wasiat Agung Negeri Nusantara atau WARISAN menghadirkan 126 stand, produk-produk yang akan dipamerkan juga melalui proses kurasi yang dilakukan oleh tim kurator yakni Dudung Alie Syahbana, Komarudin Kudiya, Romi Okta Birawa (kurator batik), Koestriastuti (kurator tenun) dan Ratna Zhuhry (kurator mutiara).

Menurut Ratna Zhuhry menjelaskan mutiara dari Indonesia tidak hanya indah, tetapi juga long life, itulah yang membuat harganya menjadi mahal. Mutiara akan memberikan kesan elegan bagi si pemakai.

Penyelenggaraan Pameran WARISAN didukung oleh Kementerian Pariwisata, Kementerian Perindustrian, Kementerian Perdagangan, Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah, Badan Ekonomi Kreatif Indonesia dan masih banyak lagi. 

 

 

;
Loading