Sukses

Fashion

Biar Sepatu Awet, 7 Bahan Pembersih Ini Penting Banget Kamu Punya!

Fimela.com, Jakarta Kamu punya berbagai variasi sepatu dengan detail bahan dan bentuk yang berbeda? Perawatannya jangan kamu samakan, lho. Setiap sepatu mulai dari yang berbahan suede, faux leather atau fabric bahan lainnya memiliki sifat yang berbeda dalam perawatannya. 

1. Pasta gigi

Pasta gigi berfungsi sebagai sabun yang membersihkan debu dan mengkilapkan permukaan sepatu kulit. Cukup ambil pasta gigi secukupnya dan sikat pada sepatu dengan sikat gigi bekas dan bersihkan dengan kain basah.

2. Baking soda

Baking soda, seperti fungsinya dalam membersihkan peralatan dapur dan lainnya, ternyata juga bisa membersihkan sepatu kulit dan boots. ukup mencampurkannya dengan sedikit air dan campuran ini bisa digosokkan ke sepatu untuk mengangkat debu dan kotoran yang menempel.

3. Cuka

Campurkan 1 sdm cuka dengan 1 sdm air, celupkan kain bersih dan gosok pada sepatu untuk membersihkannya.

4. Semir sepatu

Ini adalah yang paling efektif mengkilapkan sepatu kulit dan boots jika warna sepatumu hitam, cokelat dan warna gelap lainnya. Sikat dengan sesekali mencelupkan pada semir sepatu. Biarkan kurang lebih 5 menit, balu lap bersih dengan kain kering.

5. Alkohol

Alkohol juga bisa digunakan untuk menghilangkan noda pada sepatu kulit yang susah hilang. Namun jangan terlalu banyak menggunakannya jika tak ingin rusak.

6. Minyak kelapa

Minyak kelapa bisa mengkilapkan sepatu kulit hingga tampak baru lagi. Lebih baik gunakan setelah membersihkan sepatu dengan cuka, lemon atau baking soda. Minyak juga bisa mencegah jamur pada sepatu.

7. Vaseline

Seperti misal, Vaseline berfungsi mengkilapkan sepatu kulit, namun juga bisa menghaluskan dan melembutkan bahan kulit agar tidak berkerut, pecah dan rusak karena jarang dipakai dan sering terkena udara.

Berikut 7 bahan yang penting kamu punya buat merawat sepatu kamu supaya lebih awet dan tahan lama. Jangan sampai melakukan perawatan yang salah pada masing-masing sepatu, ya! 

Reporter: Febi Anindyakirana

Sumber: Vemale.com 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading