Sukses

Fashion

Video: Purnama 2014 oleh IKAT Indonesia by Didiet Maulana

Jakarta IKAT Indonesia by Didiet Maulana adalah golongan kedua. Yang sukses meramu, membungkus inspirasi tradisional lalu memaparkannya menjadi siluet rancang yang lebih modern. Yang bukan ‘batik kebanyakan.’ Yang bukan, hanya atasan dan bawahan batik.

Sejak beberapa tahun lalu, IKAT Indonesia telah sukses memanas-manasi industri kain tradisional lewat rilisan-rilisannya. Orang menjadi senang mengenakan kain-kain tradisional yang sudah ‘berubah wujud’, menjadi fashion items yang ingin dipakai banyak orang.

Lewat Purnama 2014 di penutupan tahun ini, Didiet Maulana memadukan inspirasi geometris (garis) dan motif tenun ikat. Di mana garis-garis lurik, dan tenun ikat dari banyak daerah berubah menjadi koleksi untuk perempuan dan laki-laki.

Seperti terlihat di video, banyak aksen pleats yang berpadu dengan motif geometris tadi (detail pleats ini dilembutkan untuk kemeja di koleksi laki-laki). Sleeveless crop top yang chic (ada alternatif lain yang lebih oversized dengan detail lurik), dress-dress yang menabrakkan motif geometris dalam palet-palet warna elegan serta aroma tribal yang kuat. Tidak ada yang terlalu rumit, semua mengakomodir keinginan akan garis rancang modern dan urban. You have to see it for yourself.