Sukses

Fashion

Green Fashion: Tips Merawat Pakaian Agar Lebih Ramah Lingkungan

Jakarta Menyambut Hari Bumi 22 April mendatang, Stella McCartney meluncurkan seri video chic yang memberikan tips bagaimana merawat koleksi pakaian yang kita miliki. Sadly, pakaian barangkali adalah salah satu bagian dari hidup kita yang kita nafikan begitu saja. Meaning, taken for granted. We love to buy them, tapi merawatnya adalah hal lain. Siapa di sini yang memperhatikan atau merawat pakaian mereka?

Faktanya, limbah tekstil atau limbah pakaian adalah limbah kedua terbanyak di bumi ini. Jadi, menjaga pola pembelian pakaian atau merawat pakaian yang kita punya sebenarnya menjadi topik penting yang harusnya kita pahami betul-betul. Dan ternyata, dari semua pakaian yang kita miliki, hanya 20 persen yang benar-benar kita pakai sepanjang tahun. Ada yang ingat jaket yang mana di lemari yang sudah setahun nggak dipakai?

Di seri How to Care for Your Tailoring yang dihadirkan oleh Stella Mccartney ini, brand fashion yang berbasis di Paris ini menyajikan tips-tips ringan bagaimana untuk lebih memperhatikan pakaian kita. Sesuatu yang pastinya bisa kita pelajari dan aplikasikan di hidup sehari-hari. Di video pertama ini, dua model yang menjadi host memperlihatkan bagaimana sebagian orang langsung menganggap pakaian mereka rusak total saat kancingnya hilang atau putus.

Bagi pribadi yang manja, pakaian yang kancingnya rusak itu akan berakhir di lemari dan mungkin dia memikirkan untuk membeli yang baru. Di situlah siklus pakaian nampak berakhir. Pakaian, dan apapun akan memiliki siklus hidup yang panjang, tak menjadi limbah sama sekali saat kita bisa memakainya terus menerus sepanjang hayat (that's why menemukan outfit yang klasik itu tak hanya bagus untuk kocek tapi juga lingkungan, you get it now?).

Padahal dengan membenarkan kancing saja, kita bisa menyelamatkan pakaian kita dan mencegahnya menumpuk di lemari bersama ratusan potong lain yang mungkin sudah setahun menggantung di sana tak terawat, tak dipakai. Sebagai fashionista yang juga peduli pada kondisi lingkungan, camkan ini: mulai perhatikan apa yang kita pakai!

Video courtesy of Stella McCartney, Club 21 Jakarta.