Sukses

Fashion

ASK THE EXPERT: Fakta VS Fiksi Soal Selulit

Next

selulit

Tanya:

“Saya menemukan selulit di daerah paha dan lengan. Apa yang harus saya lakukan untuk menghilangkannya? Benarkah selulit tak bisa benar-benar dihilangkan? (Inka, 26 tahun, advertising agency staff).

Jawab:

Selulit adalah jaringan lemak dan air di bawah kulit yang menarik lapisan kulit di sekitarnya sehingga permukaan kulit bergelombang yang tampak seperti kulit jeruk. Selulit bisa timbul karena berbagai faktor, namun gaya hidup adalah faktor yang berperan besar dalam pembentukan selulit. Pola gizi tak seimbang dengan lebih banyak mengonsumsi makanan berlemak daripada nutrisi lainnya, lalu tidak diimbangi dengan olahraga, adalah faktor umum yang menyebabkan penimbunan lemak di bawah kulit hingga terbentuk selulit. Pola diet yang tak beraturan atau Diet Yoyo juga menjadi alasan umum kenapa selulit ditemukan di beberapa tubuh, karena kulit berubah-ubah keelastisannya dalam waktu yang tak tentu dan drastis sehingga meninggalkan bekas di kulit bernama selulit. Di samping itu, gaya hidup yang merokok, selalu diliputi stress, pemakaian kontrasepsi, hingga memakai baju dalam yang terlalu ketat, juga bisa memicu timbulnya selulit.

Next

 

selulit

Adanya selulit sebenarnya mengganggu metabolisme penyebaran nutrisi ke jaringan kulit, yang menyebabkan lama-kelamaan lemak menumpuk, jaringan selulit mengeras, dan menyebabkan fibrosis atau selulit yang mengeras. Bila sudah di tahap fibrosis, selulit akan terlihat memadat dan bisa dilihat tanpa perabaan atau dicubit seperti umumnya selulit di tahap awal. Itu tentunya memang sangat mengganggu penampilan, sehingga kebanyakan orang ingin menghilangkannya apabila ada selulit. Jenis lemak yang menyebabkan selulit masuk dalam kategori lemak subkutan, yaitu lemak yang terdapat tepat di bawah jaringan kulit, dan itu berbeda cara menghilangkannya dengan lemak visceral yang bila menumpuk terlihat pada perut, pinggang, atau paha.

Sebenarnya, tak cukup hanya diet dan olahraga untuk menghilangkan selulit, karena membutuhkan perawatan intensif dari tenaga profesional klinik kecantikan agar selulit benar-benar hilang. Sama halnya ketika kita ingin membentuk tubuh agar toned dan terbentuk sempurna, tak cukup hanya olahraga biasa tapi membutuhkan supervisi dari pelatih profesional agar tubuh yang ingin dibuat kencang dan terbentuk sesuai keinginan. Begitu pula untuk menghilangkan selulit di area tubuh tertentu, yang harus ditangani oleh tenaga profesional dengan menggunakan alat tertentu.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading