Sukses

Fashion

Asia, Kunci Masa Depan Industri Fashion Dunia!

Next

Chanel

Setelah Conde Nast Internasional mempersiapkan pembukaan Vogue Cafe, Vogue Club dan GQ Bar di Singapura pada tahun ini, nampak industri juga mulai berarak masuk ke wilayah Asia dengan serius. Bukan pada sisi retail, di mana Asia sudah menjadi pasar kuat sendiri bagi banyak luxury brand untuk mempertahankan penjualan mereka. Setelah lifestyle, now the actual show akan mulai ikut dipertunjukkan di Asia.

Karl Lagerfeld yang terkenal selalu mempersiapkan show yang megah untuk Chanel, diberitakan akan mengadakan show Cruise collection 2013/2014 tanggal 9, bulan Mei nanti, di... Singapura. Kehadiran Karl adalah untuk yang pertama kalinya. Ia akan ditemani 40 model (we can’t wait which famous faces will strut the runway for the collection, Cara? Karlie?), dan rombongan teman-teman dekat (entourage), di antaranya Amanda Harlech – salah satu long time muse buat Karl. Singapura adalah kota di Asia pertama yang jadi pilihan Karl untuk mengadakan Cruise collection show, setelah sebelumnya ia sempat mengadakan di Versailles, St Tropez dan Venice. Lokasinya sendiri masih sangat dirahasiakan, tapi yang pasti Karl tidak pernah setengah-setengah. Banyak lokasi menarik di Singapura, kira-kira akan diadakan di mana ya? Dan apakah akan bertema tropis? Karena Mei akan jadi bulan yang lumayan panas bagi kita yang tinggal di Asia.

Next

Dior

Sementara itu Raf Simons akan membawa show Haute Couture Dior ke Shanghai. Jika semua berjalan sesuai rencana, maka show itu akan diadakan ... 3 hari lagi! koleksi yang akan diperlihatkan adalah koleksi yang sama yang sebelumnya muncul di spring Haute Couture show di Paris, Januari lalu. Juru bicara Dior mengatakan bahwa show itu diadakan karena China adalah ‘the big market of tomorrow,’ meski pembeli koleksi Haute Couture sendiri tidaklah banyak. Pihak Dior menambahkan lagi bahwa show seperti Haute Couture yang diadakan itu untuk memperkuat kesan mewah dan elegan yang dimiliki Dior sejak lama. Dengan pilihan yang dijatuhkan pada Shanghai, which is equally a dramatic city herself, it can’t be more right.

Additional note, Raf akan mengadakan show buat Resort collection Dior di Monaco, tanggal 19 Mei. Itu adalah resort collection pertama yang Raf adakan selama ia bergabung dengan Dior, so the expectation would be high. Latar belakang Monaco sebagai salah satu kota dengan biaya hidup tertinggi di dunia and Monaco’s long history on sea tourism, di mana lagi harus mengadakan sebuah resort collection show?

 

 

Next

Burberry

A side note, Burberry akan membawa kembali menswear show mereka kembali ke London. Setelah 10 tahun terakhir, mereka melakukan show di Milan. Keputusan itu dilakukan, karena kini London memiliki menswear week sendiri yang sudah berjalan sejak setahun lalu. Christopher Bailey, Chief Creative Officer untuk Burberry, mengatakan London adalah rumah bagi jiwa kreatif Burberry (obviously), juga pusat dari luxury brand tersebut. Keputusan itu tidak hanya akan mengembalikan Burberry ke ‘rumah’ tapi juga menambah daya jual menswear week.

Kembalinya womenswear show Burberry ke London 2009 lalu membuat London fashion week semakin prestisius. Karena London fashion week biasanya dipenuhi label-label kecil atau desainer-desainer baru yang berusaha ingin dikenal pasar. Langkah London yang memulai menswear week itu kabarnya akan segera ditiru oleh New York yang sudah ‘kepenuhan’ dengan women’s fashion week schedule. Who knows it was that hectic?

Fashion is not all about the dress, the glamor details, tapi juga akar budaya, dan kreatifitas yang memperluas pengaruhnya. Ini terlihat dari langkah-langkah yang dilakukan Karl dan Raf merambah wilayan baru untuk koleksi brand yang mereka tangani. Dan bagi Burberry untuk kembali ke London, it’s always good to be home, right?

Loading