Sukses

Fashion

Ditinggal Frida Giannini, Gucci Hadirkan Koleksi Baru yang Cukup Unisex

Jakarta Frida Giannini

Banyak yang menilai bahwa koleksi menswear Gucci untuk musim Fall Winter 2015/2016 yang baru saja dipaparkan, sebenarnya adalah koleksi womenswear yang menggunakan model laki-laki. Walau, sekarang juga nampaknya banyak model perempuan yang berjalan untuk koleksi menswear.

Dengan kepergian Frida – ia diminta pergi lebih awal, dengan alasan Gucci perlu fokus dengan mengembangkan ide kreatif yang baru – tim desainer yang dipimpin oleh Alessandro Michele melakukan sesuatu yang kedengarannya mustahil. Merombak kreasi Frida sampai ke bagian terkecil, hanya dalam seminggu. Dan hasilnya kita lihat di runway.

Sebuah koleksi menswear dengan pengaruh feminitas yang begitu kuat. Terlepas dari beberapa coat yang cukup maskulin, sisa koleksi yang begitu penuh semangat retro itu didominasi laki-laki bercelana panjang dengan siluet longgar, kemeja yang lembut seperti blouse, bowtie berbahan chiffon yang gemulai, detail frills di ujung lengan, bahkan hingga ruffles pada kerah. Batas gender menjadi kabur. Begitu banyak pesan yang disampaikan oleh koleksi ini.

Yang cukup jelas, kecintaan Frida Giannini akan era 70-an begitu terlihat di koleksi ini. Namun, laki-laki maskulin di runway Spring 2015 Gucci, berubah menjadi anak-anak muda yang sepertinya sedang bereksplorasi akan hal baru dalam hidup mereka – termasuk soal sex appeal yang kuat. Cukup edgy untuk ukuran Gucci. Cukup segar. Dan meyakinkan penonton, bahwa koleksi ini bisa dipakai baik laki-laki maupun perempuan.

Beberapa kandidat pengganti mulai santer diberitakan media. Dari koleksi menswear yang baru rampung dipaparkan, hawa 70-an yang kuat, mengingatkan pada Tom Ford. Namun, ia sudah menyangkal bahwa ia akan kembali pada Gucci. Dua nama lain yang cukup banyak dibicarakan sebagai pengganti Frida, adalah Ricardo Tisci dan Joseph Altuzarra. Kandidat lain, Alessandro Michelle yang sudah menjadi wakil Frida sejak 2011. Bila diingat, Frida sendiri juga sempat menjadi wakil Tom Ford, sebelum ia meninggalkan Gucci di tahun 2004.

Kepergian Frida dari Gucci diduga disebabkan oleh penjualan yang menurun selama 3 tahun terakhir. Pengganti Frida rasanya baru akan diumumkan setelah show womenswear Gucci, Februari nanti. Penantian untuk koleksi Spring 2016 juga menjadi begitu besar.

*foto: style.com

Loading
Artikel Selanjutnya
Fashion Week 101: Serba Serbi Fashion Week Disini
Artikel Selanjutnya
Models Moment, Deretan Model yang Curi Perhatian Sepanjang 2014