Sukses

Fashion

Power Dressing, Mengintip Pilihan Gaya Iriana Joko Widodo dan Veronica Tjahaja Purnama

Jakarta Sebelum era Michelle Obama rasanya fokus pada personal style istri-istri pejabat tidak begitu besar. Namun, jauh sebelum Michelle, mendiang putri Diana rasanya menjadi satu-satunya tokoh terkenal, bangsawan yang gayanya terus diamati publik. Nggak heran, setelah media masa banyak mengulas tentang istri-istri orang nomor satu dengan pilihan pakaian mereka saat tampil di muka umum – baik itu untuk mendampingi suami maupun melakukan tugas lainnya – kami tak mau pergi jauh-jauh.

Kami sudah mengulas secara singkat mengenai pilihan gaun Ibu Veronica Tjahaja Purnama saat membuka pameran fashion “Pilgrimage” oleh Didi Budiardjo. Pilihan gaun yang smart dan elegan untuk sebuah acara seni. Siluetnya sempurna, detail-nya memiliki elemen etnik yang chic, dan membungkus sempurna tubuh istri orang nomor satu di Jakarta itu. Gaun rancangan Didi Budiardjo itu melanjutkan kedekatan Ibu Veronica dengan fashion designer Ibukota tersebut.

Pada waktu pelantikan Sang Suami, Ibu Veronica juga mengenakan kebaya encim buatan Didi Budiardjo. Mengenakan gaun-gaun rancangan fashion designer, atau kebaya modifikasi, nampaknya akan jadi kebiasaan baru untuk Ibu Veronica yang berbentuk tubuh ideal ini. Pilihan gaunnya sejauh ini cukup smart dan elegan. Menggabungkan elemen-elemen etnik, dalam siluet yang lebih modern. Tentu menarik, bila ada fotografer yang dengan setia mengikuti gaun-gaun yang beliau kenakan untuk tampil di muka umum, atau saat sedang mendampingi Suami.

Bagaimana dengan Ibu Iriana Joko Widodo? so far, beliau pun sudah terlihat menyesuaikan diri dengan posisi barunya sebagai istri laki-laki nomor satu di Indonesia. Personal style-nya yang cukup kalem dan lekat dengan elemen-elemen tradisi Jawa terus dibawanya, setelah Sang Suami diangkat menjadi Presiden RI. Tatanan rambut yang sebelumnya lebih santai, kini berubah menjadi sanggul medium yang mengingatkan banyak orang pada mendiang Ibu Tien Soeharto. Pilihan kebaya kutu yang makin sering terlihat dikenakan beliau, nampak juga akan jadi salah satu signature style-nya.

Kami menyukai keputusan beliau untuk menjadikan kebaya kutu salah satu identitas nasionalis kehadirannya saat di muka umum, tapi kami juga penasaran bagaimana penampilan Ibu tiga anak ini dalam gaun rancangan fashion designer di kesempatan-kesempatan khusus. Tentu ada perancang kenamaan yang bisa membuatkan gaun yang pantas ia kenakan, bukan? Mungkin pihak Istana Kepresidenan bisa bekerja sama dengan Biyan, atau Sebastian Gunawan untuk undangan-undangan kenegaraan. Atau bersama Didiet Maulana untuk event-event yang lebih kasual.

Mengenakan gaun-gaun rancangan bakat-bakat fashion terbaik Tanah Air, saat melakukan tugas kenegaraan tentu menjadi kebanggaan tersendiri dan memberikan citra yang bagus bagi bangsa. Setuju?

*foto: berbagai sumber

Artikel Selanjutnya
Selalu Keren, Alexa Chung Rilis Koleksi Denim Terinspirasi Jane Birkin
Artikel Selanjutnya
Personal Style: Veronica Tjahaja Purnama, Stylish, Inspiring dan Tak Berlebihan