Sukses

Fashion

Tom Ford Tak Kembali, Gucci Tunjuk Alessandro Michele Ganti Frida Giannini

Jakarta

Alessandro Michele

Kepergian Frida Giannini cukup dramatis. Ia semacam dipaksa meninggalkan posisinya lebih awal – bahkan sebelum sempat melakukan tugas terakhirnya, memaparkan koleksi fall winter 2015/2016 untuk womenswear dan menswear.

Penggantinya adalah Alessandro Michele, yang baru diumumkan kemarin sebagai Creative Director terbaru Gucci. Michele bergabung dengan Gucci di tahun 2002 dan menjadi associate bagi Frida Giannini di tahun 2011. Laki-laki yang belajar di Accademia di Costume e di Moda di Roma itu juga sempat menjadi Senior Accessories Designer di Fendi.

Nama Michele awalnya sempat bersaing dengan Tom Ford, Ricardo Tisci, sampai Joseph Altuzarra untuk mengisi posisi yang ditinggalkan Frida Giannini. Namun, usai show menswear awal pekan ini di Milan, pihak manajemen Gucci mengumumkan bahwa Michele-lah yang akan melanjutkan pekerjaan Giannini sebagai Creative Director.

Kerja awal Michele bisa dilihat dari koleksi Menswear Gucci, fall winter 2015/2016 yang baru dipertunjukkan. Kabarnya, tim desain bersama Michele melakukan perombakan besar-besaran sampai koleksi itu benar-benar dipaparkan di runway ( hanya dalam lima hari!). So far, reaksi publik terhadap koleksi itu cukup positif. Ada energi baru yang lebih muda, dan lebih kontemporer dihembuskan. Koleksi ini kental dengan nuansa retro, sedikit rock and roll, dan bermain dengan batas-batas gender yang tipis. Mengingatkan pada era saat Gucci masih dipegang oleh Tom Ford.

Dari sini saja terlihat, otak kreatif yang baru sedang melangkah ke arah lebih segar. Dan setelah dipegang Frida Giannini selama hampir 10 tahun, ide-ide baru memang sangat dibutuhkan. Dengan koleksi womenswear yang akan dibagi ke publik Februari nanti, Michele hanya punya waktu sebentar untuk mempersiapkannya.

Sudah terbayang drama seperti apa yang berjalan di belakang layar. Dan bila melihat koleksi menswear Gucci musim fall 2015/2016 ini, ekspektasi yang begitu tinggi pada koleksi ready to wear perempuan juga menjadi makin tinggi. After all, ini adalah Gucci. Brand luxury yang identik dengan nilai warisan kemewahan Italia yang panjang. Yang paling terkenal dari Italia, dan salah satu yang paling iconic.

Photo credit: Kevin Tashman, Getty, Gucci, instagram, New York Times

Artikel Selanjutnya
Print on Print, Gaya Girly dan Menggoda Olivia Jensen
Artikel Selanjutnya
Editor’s Pick: Tampil Keren dan Stylish Dengan Suede Boots