Sukses

Fashion

Gaun Pengantin Kerap Menjadi Inspirasi Tak Terduga Haute Couture

Jakarta Dior Spring 2007 Couture

Bagi yang belum begitu familiar dengan Haute Couture, pentas ini diadakan untuk memamerkan koleksi para fashion designer di samping koleksi ready-to-wear mereka. Teknik yang digunakan pun jauh lebih sulit dan material yang dipakai juga bisa sangat mahal. Oleh karena itu, ketika sebuah baju Haute Couture dijual, harganya ada yang mencapai miliaran rupiah. Haute Couture juga punya lembaga sendiri yang mengatur regulasi ketat seputar koleksi yang akan dipamerkan.

Nah, ada satu fakta unik yang belakangan ini baru terdengar, Fimelova. Ternyata, beberapa desainer hampir selalu menyelipkan sebuah gaun yang boleh dibilang serupa dengan gaun pengantin di setiap akhir fashion show untuk menutup seluruh rangkaian koleksi Haute Couture setiap musimnya. Yang sekarang selalu menjadi bahan pembicaraan adalah Elie Saab. Desainer yang koleksinya selalu masuk dalam kategori Best-Dressed List ini, selalu membuat ‘gong’ di akhir pagelaran. Untuk Haute Couture Spring 2015, Elie Saab menebar keindahan kreasinya lewat sebuah gaun pengantin berwarna crème ber-glitter lengkap dengan white veil yang menjuntai.

Elie Saab Spring 2015 Couture

Chanel Spring 2014 Couture

Kalau masih ingat dengan Chanel Haute Couture Spring 2014 setahun lalu, Cara Delevingne berjalan menutup show dengan gaun pengantin semi-transparent ditemani bocah laki-laki yang membawa ekor gaunnya. Rupanya, gaun indah semacam itu sudah ada sejak puluhan tahun lalu. Modelnya beragam, ada yang terkesan normal, ada juga yang sedikit aneh tapi mengagumkan. Kami mengambil kesimpulan, bahwa teknik pembuatan gaun pengantin yang sulit (kamu harus mengukur diameter bagian bawah gaun agar ketika berputar bentuknya tetap simetris - termasuk embellishment yang dijahit sendiri oleh tangan) adalah faktor utama hadirnya gaun extravagant di setiap musim.

Givenchy Spring 2003 Couture

Givenchy Fall 2002 Couture

Chanel Spring 1994 Couture

Dan bila diamati saksama, di tiap koleksi Haute Couture, kita akan selalu bisa menemukan gaun-gaun yang seakan dibuat sebagai gaun pengantin. Tahun ini, kita bisa melihatnya di Valentino, Elie Saab (again), Jean Paul Gaultier, Zuhair Murad, serta Ralph and Russo. 

Ralph & Russo, Valentino & Zuhair Murad Spring 2015 Couture

Elie Saab & Jean Paul Gaultier Spring 2015 Couture

But then again, obviously, Haute Couture tidak diperuntukkan bagi semua orang. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading