Sukses

Fashion

Edoardo Caovilla, Generasi Ketiga Perancang Sepatu Couture Pilihan Sarah Jessica Parker

Jakarta Pekan lalu kami berjumpa dengan perancang sepatu asal Italia, Edoardo Caovilla. Edoardo adalah generasi ketiga dari perancang label sepatu Rene Caovilla yang sudah malang melintang dari Italia, sampai ke Hollywood. Beberapa pelanggan setianya di antaranya Sarah Jessica Parker, Jennifer Anniston, Tyra Banks, Heidi Klum, Kristen Stewart, Poppy Delevingne, dan terakhir aktris Hollywood Robin Wright yang menjadi nominasi Golden Globes 2015. Robin mengenakan sepatu Rene Caovilla di red carpet Golden Globes 2015 kemarin.

Memiliki warisan sejarah yang cukup panjang, Edoardo mengakui tugas terberatnya adalah memelihara signature style sepatu-sepatunya yang khas dengan detail mewah, sementara tetap membuatnya relevan di era modern. Harus diakui rancangan-rancangannya sangat sopshisticated dengan detailing yang mewah (bayangkan kristal serta permata menempel di permukaan heels, bahkan sneakers, dan espadrille). Membuat sepatu sudah mendarah daging dalam keluarganya. Nggak heran, ia pun akhirnya menjadi pembuat sepatu seperti kakek, dan ayahnya.

“Setiap ingin membuat sepatu, saya harus terus mengingat bahwa target pasar saya, perempuan muda-perempuan muda. Saya harus memperkirakan apa yang sedang ingin mereka pakai. Untungnya, istri saya masih 31 tahun. Jadi, dia kurang lebih cukup membantu dalam memberikan ide rancang.” Jelas laki-laki asal Venesia itu sambil tertawa saat kami temui di On Pedder, Plaza Indonesia, minggu lalu.

Kedepannya, Edoardo yang juga Ayah tiga anak itu berencana untuk bereksplorasi menggunakan material yang lebih beragam bagi kreasi-kreasi terbaru sepatu Rene Caovilla. Seperti untuk koleksi Spring 2015 kali ini, Edoardo banyak bereksperimen dengan kulit buaya.

Kehadiran Edoardo di Jakarta merupakan rangkaian kunjungannya ke beberapa Negara di Asia, selain Jakarta, ia juga berkunjung ke Hong Kong dan Singapura, dalam usahanya merangkul pasar Asia yang benar-benar sehat untuk luxury products. Dan, secara pribadi ia juga menyenangi fakta bahwa rata-rata orang Asia menghargai warisan sejarah – tidak seperti orang Eropa kebanyakan – sementara, sepatu Rene Caovilla sendiri memang memiliki sejarah kemewahan yang panjang, 80 tahun.

Rene Caovilla, kakek dari Edoardo Caovilla memiliki hubungan yang cukup dekat dengan Valentino Garavani dan bahkan sempat berkolaborasi dengannya di tahun 1970-an. Di tahun 1980-an Rene Caovilla juga sempat berkolaborasi dengan Christian Dior dan Chanel. Bahkan sempat bula bekerjasama dengan Karl Lagerfeld di era 2000-an.

Photo: On Pedder

Loading
Artikel Selanjutnya
Lipstik Cair Ultra-Matte Generasi Terbaru, Ringan Seolah Bibir Bebas Riasan
Artikel Selanjutnya
Chanel 19: Koleksi Tas Musim Terbaru untuk Ciptakan Gaya Fashion Berkelas