Sukses

Fashion

Fashion Insider: Berkenalan dengan Creative Director Baru Nikicio, Abraham Dewanggana

Jakarta Abraham Dewanggana, courtesy of Nikicio

Akhir tahun 2014 kemarin, Nikicio menunjuk Creative Director baru yang akan fokus dalam memproduksi koleksi utama setiap tahunnya. Nina sendiri, menurut rilis di website mereka, akan fokus dalam sisi marketing bagi brand fashion yang sudah berdiri sejak tahun 2007 itu.

Dengan posisinya saat ini, Nina menyadari ia tidak bisa membagi dirinya di banyak tempat dan melakukan banyak hal di saat yang bersamaan. The brand needs someone to do that. “Saya menyadari, bahwa kekuatan saya ada pada sisi manajemen. Yang justru sangat penting untuk mengembangkan bisnis ini,” jelas Nina, yang menambahkan bahwa ia mendelegasikan tugas itu (Creative Director) pada Abraham Dewanggana, yang menurutnya sesuai.

Meski Abraham tidak berasal dari dunia fashion, menurut Nina yang penting bagi seorang fashion designer adalah selera dan bagaimana mereka menerjemahkan konsep atau ide yang kompleks pada masa yang begitu luas. “Abraham punya selera yang sangat bagus dan pengamatan tajam akan kualitas. He can create style. Visi baru dari Abraham untuk Nikicio akan sangat menyegarkan,” lanjut Nina.

Abraham sendiri sebenarnya sudah ada sejak awal brand Nikicio berdiri. Namun kehadirannya, konsultasinya, untuk brand itu waktu itu masih datang dan pergi. Saat ada kesempatan, Nina dan Abraham sering berdiskusi tentang styling, design, trend, market dan apapun yang terkait di dalamnya.

“Saya merasa mulai memahami brand ini begitu dalam, saat diminta menyiapkan beberapa show notes. Dari situ, Nina meminta saya untuk mulai merancang koleksi Spring 2015 mereka,” jelas Abraham yang kami kontak secara terpisah. Abraham yang secara akademis berasal dari bidang hukum dan exhibition design (2013) itu kini memfokuskan pekerjaanya sebagai Creative Director untuk Nikicio, sembari ikut mendesain bagi pameran-pameran seni rupa. “Nikicio pretty much takes all my time, recently,” ceritanya.

Bagaimana Abraham melihat brand Nikicio sendiri, dan para pemakai rancangannya nanti? "Saya membayangkan perempuan urban yang independen, dan memiliki presence serta kepribadian yang kuat. Nikicio mendefinisikan semua hal tadi."

“Yang terlebih dahulu ingin saya lakukan adalah mengeksplorasi image brand ini. Menemukan alur yang selama ini dipakai Nina mengekspresikan dirinya lewat emosi, yang pada akhirnya kita lihat pada pakaian-pakaian yang ia buat,” papar penggemar Marc Jacobs, Dries Van Noten dan Antonio Marras itu. “Mereka memahami dunia yang nyata itu seperti apa, tapi kreasi-kreasi mereka penuh ‘mimpi,” lanjut Abraham. Mimpi dan dunia nyata adalah dua hal yang bertentangan. Sama seperti fashion.

Bagi Abraham, posisi barunya ini terasa begitu alami. Dia menyukai kesempatan yang diberikan kepadanya. “Tak ada beban, karena saya memang senang mengerjakannya.” Hasil ide Abraham untuk Nikicio bisa segera kita lihat di presentasi Spring 2015 Nikicio, yang menurut kabar akan diungkapkan pada publik akhir pekan ini.

Loading