Sukses

Fashion

Puluhan Ribu Jahitan Dan Sulaman Tangan, Saksi Bisu Koleksi Megah Dolce & Gabbana

Jakarta Bayangkan koleksi ready-to-wear Dolce & Gabbana. Deretan baju siap pakai itu saja sudah membuat semua mata memandang terkagum-kagum. Sekarang, coba bayangkan bakal seindah apa koleksi haute couture mereka. Teknik pembuatan baju couture yang pasti jauh lebih rumit memastikan bahwa koleksi Dolce & Gabbana tidak akan biasa saja. Dan inilah kenyataannya.

Jika melihat jajaran koleksi Alta Moda ke-8 ini, jelas mengapa duo Domenico Dolce dan Stefano Gabbana memilih Portofino sebagai latar belakang fashion show mereka. Mereka berdua sedang terinspirasi oleh taman, dan mungkin sebuah taman dengan puluhan jenis bunga, buah, dan wildlife yang menjadi satu.

Kesatuan tersebut kemudian dijadikan sebuah print di atas rupa-rupa kain. Namun bukan print biasa. Duo Dolce & Gabbana itu harus menyiasati bagaimana membuat print tersebut terlihat seperti dilukis oleh tangan dan bukannya mesin. Ditambah lagi, ada ribuan jahitan tangan untuk mengaplikasikan manik-manik di atas satu gaun yang sama.

Itu baru detail satu gaun. Di gaun lainnya, ada satu teknik lagi yang begitu rumit. Bagaimana bisa membuat teknik jahitan tusuk silang di atas kain tulle? Lazimnya, tusuk silang tidak bisa dijahit di atas kain tersebut. Namun, Dolce & Gabbana melakukan itu. Itulah kisah di balik pembuatan gaun-gaun mewah karya rumah mode yang berdiri sejak 1985 ini.

Alta Moda kali ini betul-betul seperti negeri dongeng. Dimulai dari sejak pertama kali para tamu menjejakkan kaki di lokasi fashion show. Para pengawal Romawi sudah menanti mereka di bawah floral tunnel. Kemudian mereka duduk di tengah-tengah taman dengan pepohonan apel yang rindang. Begitu musik dimainkan, model pertama memasuki arena fashion show dan mulailah setiap orang mengambil setiap detil pakaian yang bisa mereka ambil lewat kamera smartphone mereka.

Sebanyak 94 look dipresentasikan. Sebagian besar didominasi oleh ball gown. Beberapa ada gaun yang terinspirasi dari kimono. Tidak hanya gaun, celana dan blouse dengan pembuatan yang sama sulitnya juga ditampilkan, walaupun hanya beberapa look. Koleksi Alta Moda ini secara keseluruhan bukanlah show untuk menunjukkan tren terkini, melainkan keindahan. Oleh karena itu jangan pernah tanya harganya, karena sudah pasti teknik pembuatan yang sangat sulit itu membuat harga satu gaun saja bisa mencapai bermiliar-miliar rupiah.

Oleh karena itu, tidak ingin koleksinya hanya bisa dinikmati segelintir orang tertentu, akhirnya Portofino capsule collection dirilis dan sudah bisa dibeli via Net-a-porter. Walaupun kalian tidak bisa menemukan deretan ball gown yang indah, namun ini interpretasi lain dari Domenico Dolce dan Stefano Gabbana. Pemandangan kota Portofino yang indah digambar di beberapa helai maxi dress, mini dress, dan swimsuit. Very summer-y!

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading