Sukses

Fashion

Wawancara Ekslusif FIMELA dengan Tadashi Shoji, Desainer Jepang yang Sukses di New York

Jakarta Salah satu fashion show yang cukup menarik perhatian kami saat pekan  mode New York Fashion Week berlangsung adalah Tadashi Shoji. Unik, karena desainer 67 tahun ini selalu menyelipkan unsur budaya negeri asalnya, Jepang, ke dalam setiap desain. Termasuk etos kerja dan bahkan hal-hal kecil yang berkaitan dengan karyanya.

As a reminder untuk koleksi Spring/Summer 2016, Tadashi Shoji mengeluarkan sebuah koleksi yang begitu feminin. Puluhan dress yang layaknya dijadikan go-to item para perempuan berkarakter cerdas di kota-kota besar, terlihat mulai dari look pertama hingga akhir. Dimulai dari dress untuk sehari-hari, acara cocktail bernuansa semi-formal, hingga gaun-gaun indah untuk dipakai di perhelatan penting. Harus diakui, karyanya begitu indah dan wearable. Warna-warna yang digunakan juga lembut dan banyak menggunakan material semi-sheer.

Agar lebih jelas soal koleksi terbarunya, mari simak wawancara kami dengan the mastermind behind the collection..

  1.  Apa inspirasi di balik koleksi Spring/Summer 2016 ini?

Tadashi Shoji (TS): Saya kembali mengingat masa kecil saya, terutama ketika perayaan musim semi di Jepang. Keindahan taman di Jepang saat bunga bermekaran sampai dengan karya seni dari pelukis Ogata Korin dan Katsushika Hokusai adalah inspirasi saya. Sebenarnya saya tidak mau terlalu menghubungkan koleksi ini dengan Jepang sepenuhnya, saya hanya ingin menggunakan elemen tradisional untuk siluet yang lebih modern dan penyambung antara masa lampau dan saat ini.

F: Sebagai fashion designer asli Jepang, bagaimana pengaruh tanah kelahiran dengan caramu mendesain?

TS: Saya selalu mengambil inspirasi dari kultur saya, biar bagaimanapun Jepang  mempengaruhi  pendekatan saya terhadap desain dan juga etos kerja. Saya juga suka dengan sejarah, warna, dan estetika negeri saya. Oleh sebab itu, hasil akhir karya saya  selalu mencampurkan budaya Jepang dengan pengaruh barat.

F: Seperti apakah perempuan Tadashi Shoji?

TS: Mereka adalah perempuan yang percaya diri dengan kecantikan yang tidak dibuat-buat. Saya ingin menyediakan koleksi untuk perempuan modern yang selalu mementingkan kenyamanan dalam berpakaian.

F: Ketika merancang sebuah koleksi, ada orang tertentu yang selalu menginspirasi, katakan saja seorang muse?

TS: Inspirasi terbesar saya adalah perempuan yang saya lihat di kehidupan saya setiap hari. Mereka yang selalu percaya diri, nyaman apapun bentuk tubuh mereka.

F: Rencana Tadashi Shoji ke depan?

TS: Saya baru meluncurkan koleksi untuk anak perempuan dan  ke depannya saya akan membuka butik flagship pertama di Doha, Qatar. Tadashi Shoji juga akan mengembangkan ritel dan bisnis e-commerce hingga menjadi global lifestyle brand.

Good luck untuk Mr.Tadashi Shoji, it was nice to have a short chat with him! Dan semoga saja beliau juga akan segera berkespansi hingga ke Indonesia.

Foto: ekslusif

Loading