Sukses

Fashion

Kepergian Andre Courrèges, Desainer dengan Visi Masa Depan yang Stylish

Jakarta Berkat figur revolusioner Andre Courrèges, perempuan di tahun 60-an bisa menemukan kembali cara berpakaian yang menampilkan siluet feminin melalui miniskirt, A-line dress, dan white boots. Transformasi dari casual clothing pada celana ke haute couture ini tentu menjadikan fashion designer Prancis tersebut sebagai bagian penting dari sejarah fashion. Sayang, sosoknya yang jenius dalam menciptakan karya-karya bernuansa futuristik tidak dapat kita jumpai lagi. Andre Courrèges telah menghembuskan napas terakhirnya di usia 92 tahun pada tanggal 7 Januari 2016 lalu setelah bertarung selama 30 tahun melawan penyakit Parkinson yang diidapnya.

Next

Andre Courrèges lahir pada tanggal 9 Maret 1923. Dari kecil, ia sudah sangat tertarik pada seni, desain, dan fashion. Ia bahkan punya cita-cita ingin menjadi pelukis. Sebelum beralih ke dunia fashion dan tekstil, ia bersekolah teknik sipil karena keinginan orangtuanya.

Next

Kariernya dimulai saat dirinya bekerja di Balenciaga selama 11 tahun. Kemudian ia menciptakan brand-nya sendiri bersama dengan istri sekaligus rekan kerja sesama desainer, Coqueline Courrèges, yang ia kenal selama bekerja di Balenciaga. Di tahun 1961, keduanya mendirikan rumah untuk koleksi haute couture Courrèges dan memperluasnya dengan koleksi ready-to-wear beberapa tahun setelahnya.

Next

Koleksi-koleksi rancangan Courrèges terkenal dengan nuansa-nuansa modern seperti line yang ia luncurkan di tahun 1964, yakni koleksi “Space Age” atau “Moon Girl”. Putih dan silver serta koleksi bergaris tajam adalah ciri khasnya. Ia juga mengangkat go-go boots dengan model low-heels setinggi betis yang terbuat dari vinyl dan plastik. Boots ini kemudian menjadi sangat terkenal dan membawa namanya sebagai seorang desainer yang selalu menciptakan koleksi bernuansa luar angkasa.

Next

Courrèges dikenal sebagai penemu miniskirt sekaligus desainer yang membuat perempuan bisa tampil dalam balutan celana dan bodysuit. Sejumlah orang-orang terkenal telah menjadi klien setianya dari tahun 60-an, seperti Jacqueline Kennedy, Catherine Deneuve, Briggite Bardot, dan Francoise Hardy. Koleksi Courrèges dipakai juga oleh Miley Cyrus dan menjadi outfit para pengisi acara MTV’s Video Music Awards 2015.

Next

Andre Courrèges memang sudah meninggalkan dunia fashion sejak tahun 90-an dan mengabdikan dirinya untuk melukis. Meski begitu, brand Courrèges masih tetap bersinar. Ini dibuktikan dengan kembalinya Courrèges ke panggung runway. Koleksi ready-to-wear Courrèges Spring 2016 telah dipamerkan. Tentu koleksi Courrèges rancangan desainer Sebastian Meyer dan Arnaud Vaillant ini akan membuat banyak orang menantikan koleksi Fall 2016.

Loading
Artikel Selanjutnya
Ribuan Koleksi Terbaru Meriahkan Jakarta Fashion Week 2020
Artikel Selanjutnya
Skandal Terbesar di Dunia Kesehatan Menelan 2000 Nyawa Akibat Konsumsi Pil Diet