Sukses

Fashion

Hot Designer: Petar Petrov Desainer Pemalu Favorit Kate Middleton

Jakarta Petar Petrov terdengar keren tapi asing di telinga, bukan? Brand asal Vienna dengan konsep modern aesthetic yang diambil dari nama sang desainernya sendiri yang pemalu ini (banyak sumber mengatakan demikian). Desainnya yang dinamis dengan estetika yang elegan menggabungkan sisi feminin dan jahitan yang sempurna. Ia pun hadirkan koleksi tas dan sepatu boots metalik yang sering dijumpai pada outfit luar biasa bintang street style.

Laki-laki kelahiran Ukraina ini pindah dan melakukan studi fashion ke Vienna pada tahun 1999 (pada awalnya ia hanya ingin melakukan pekerjaan di bidang artistik  dan akhirnya memutuskan kuliah bidang fashion design dan lulus dalam ujian masuk University of Applied Arts). Menjadi desainer juga bukan salah satu mimpi masa kecilnya, ujar Petar pada salah satu interview bersama freundevonfreunden.com. Ia pun beruntung pernah diajar oleh mentor high profile sekelas Viktor & Rolf dan Raf Simons saat kuliah.

Label fashion-nya sudah berdiri sekitar tahun 2003. Seiring waktu ia pun belajar sedikit demi sedikit dengan “learning by doing” - tanpa melakukan magang di beberapa rumah mode, isn’t it cool? Dengan koleksi yang bergaya minimalis dan inovatif untuk laki-laki (sejak 2002) yang dipamerkan di Paris setiap tahunnya, perlahan Petar mulai memperluas basis kliennya ke seluruh dunia dan merancang koleksi pakaian perempuan (sejak 2009) hingga sekarang dan sudah ditampilkan pada Paris Fashion Week.

Petar sendiri menggambarkan rancangannya sebagai pakaian yang terasa seperti menswear, namun dipakai untuk perempuan dengan tailoring yang menghasilkan gaya efforless luxury. Perhatiannya pada tailoring nampaknya dipengaruhi oleh sang ibu yang adalah seorang penjahit, dan sering menjahitkan pakaian untuknya semasa kecil. Tumbuh di Sofia (Bulgaria) yang minim sumber daya, termasuk pakaian, membuat Petar kecil dan sang ibu membuat baju-baju mereka sendiri.

Tempat kerja yang berada pada gedung tua yang indah di Vienna jadi tempat ia mencari inspirasi, alat gambar dan bahan-bahan keperluan koleksinya yang keren. Tertata sangat rapi dan sangat artsy, tidak disangka desainer bertubuh kurus ini mampu hadirkan koleksi yang begitu bold dan penuh estetika. Ia selalu membayangkan seseorang yang percaya diri dalam pakaian rancangannya, orang yang punya menyukai siluet minimalis tapi juga punya kejutan untuk personality-nya. His clients so far: para editor majalah, bintang street style, sampai Kate Middleton.

(Photo: freundevonfreunden.comIG @petarpetrovvienna)

;
Loading