Sukses

Fashion

6 Tips Miliki Personal Style yang Ultra Chic dari Michelle Obama

Jakarta Michelle Obama in Jason Wu

Akhir masa jabatan Presiden Obama sebagai presiden ke-44 Amerika Serikat diikuti dengan banyak perasaan melankolis. Selain karena figurnya cukup dielu-elukan oleh dunia secara luas, saat ia meninggalkan gedung putih maka mungkin media tak akan mengikutinya sesering dulu. Ini termasuk kehadiran Michelle, sebagai first lady, di muka umum yang biasanya banyak dinantikan. Karena figurnya yang hangat, dan juga pasti karena personal style beliau yang selalu chic.

Delapan tahun di gedung putih, rasanya Michelle meninggalkan kesan mendalam soal personal style. Anna Wintour, dalam tulisannya untuk Vogue Amerika edisi Desember, mengungkap bahwa belum ada first lady yang mendorong majunya industri fashion di Amerika sekonsisten Michelle. Tak hanya desainer-desainer yang sudah matang, tapi juga desainer-desainer baru.

Dengan kepribadian yang hangat, selera yang bagus, serta sikap yang elegan, rasanya gaun apapun yang ia kenakan menjadi sophisticated. Saat ia masuk ke gedung putih, fisiknya yang tinggi menjulang sempat menjadi kekhawatiran banyak pihak yang merasa Michelle akan susah menemukan gaun-gaun yang sesuai untuk dipakai. Kenyataannya tidak. Dibantu oleh Meredith Koop yang bertugas sebagai fashion dan wardrobe advisor untuknya sejak 2009. Meredith sudah mengenal Michelle sejak ia masih menemani tugas Obama sebagai senator. Kolaborasi keduanya pula yang menghasilkan banyak gaun-gaun memorable selama Michelle menjalankan tugas sebagai Ibu negara Amerika.

 

Michelle Obama in Atelier Versace

Dan mendandani seorang Ibu negara bukan tugas ringan. Dalam sebuah wawancara, Michelle mengaku pekerjaannya menjadi mudah karena Meredith sebagai stylist-nya selain memahami fashion, juga memahami momen dan pesan yang harus ia sampaikan lewat kehadiran sang Ibu negara, termasuk lewat pilihan gaunnya. Misalnya, saat mengunjungi Jepang, Michelle mengenakan gaun dari Kenzo tapi tetap memiliki gaya yang modern dan membawa esensi American style yang harus dibawanya sebagai Ibu negara kemana pun ia bertugas.

Dan dari penampilan Michelle selama ini dengan gaun-gaun desainer pilihannya, banyak hal soal personal style yang bisa kita pelajari. Misalnya:

Love everything in your closet

Michelle mengaku ia mencintai semua pakaian yang ada di lemarinya. Biasanya, kalau kita sudah tidak sering memakai sebuah pakaian tentu kita tak terlalu menyukainya lagi. When you love what you wear, you wear something that makes you happy, you will feel good, and look good.

Versatile

Sebagai seorang Ibu negara, tentu Michelle harus tetap menyiratkan sedikit aksen konservatif di momen-momen tertentu. Tapi tetap harus terlihat trendy bagi siapapun yang melihat. Agak susah memang. Menemukan gaun yang bergaya konservatif, cocok untuk kesempatan formal, namun trendy di saat yang sama.

Michelle Obama & Meredit Koop

Tunjukkan kelebihan fisik

Michelle memang memiliki tubuh yang fit. Olahraga adalah salah satu aspek yang menjadi kampanye-nya selama menjadi Ibu negara Amerika Serikat yang menghadapi isu obesitas yang sangat serius. Terbukti, meski memiliki fisik yang hitungannya cukup berotot dan sangat tinggi untuk ukuran perempuan, Michelle berani memakai gaun-gaun tanpa lengan. Ini pun menjadi trend yang kemudian banyak diperhatikan, dan ditiru.

Have fun with fashion

Dengan pilihan gaun-gaunnya selama ini, Michelle menunjukkan kalau ia cukup bersenang-senang dalam urusan fashion. Ia mencoba trend apapun, dari skinny jeans, metalik, sampai print yang sedang hip. Ia memakai gaun-gaun desainer dengan harga selangit, sampai koleksi fashion yang berasal dari retail-retail murah. Atau menggabungkan keduanya sekaligus.

Know your body

Rasanya ini poin paling penting. Dengan tubuhnya yang tinggi dan fit, Michelle tahu betul apa yang cocok untuk tubuhnya. Meski berkulit gelap, ia tetap tak ragu untuk memakai warna-warna terang – seperti orange atau ungu. Karena pribadinya pun mencintai fashion, Michelle terbuka untuk trend yang ingin ia coba.

Michelle Obama in Maria Pinto

The message

Michelle tetap mengingat pesan yang harus ia sampaikan lewat wadrobe atau outfit yang dipilihnya. Sebagai sosok yang sangat mementingkan pendidikan, Michelle adalah lulusan universitas Princeton dan Harvard yang prestisius, lewat semua gaun pilihannya Michelle menyampaikan seperti apa sosok perempuan yang kuat, tangguh, pintar, tapi juga ramah. Jadi, pilihan pakaian kita juga menyampaikan pesan kuat kita orang yang seperti apa.

Susah membayangkan dunia akan memiliki sosok perempuan yang berkecimpung di dunia politik, tapi sehangat, sebaik, dan se-stylish Michelle Obama lagi. Ia memang ibu negara Amerika Serikat, dan ia adalah ibu negara Amerika Serikat pertama yang berkulit hitam, namun kepribadiannya mampu menyentuh seluruh pelosok dunia. We know she would do such thing. Happy birthday, Michelle.

Loading
Artikel Selanjutnya
Saat Michelle Obama Bicara Soal Bayi dengan Meghan Markle