Sukses

Fashion

Tom Ford dan 8 Desainer Ini Tak Akan Pernah Dandani Melania Trump

Jakarta Resmi menjadi First Lady, Melania Trump tampaknya akan sedikit kesulitan memilih outfit-nya. Pasalnya, sejumlah desainer tak peduli dan bahkan terang-terangan menolak untuk mendandani Ibu Negara Amerika Serikat ini. Mengapa? Alasannya beragam. Namun, satu alasan yang pasti, yakni berkaitan dengan suaminya, Donald Trump, yang penuh kontroversi. 

Pada sebuah surat terbuka, Sophie Theallet menuliskan bahwa ia tak akan mau mendandani atau menyemplungkan diri pada apapun yang dengan first lady baru. Menurutnya, apa yang dikatakan Trump selama kampanye kepresidenannya soal rasisme, diskriminasi gender, dan kebenciannya pada banyak orang sangat bertolakbelakang pada nilai yang ia pegang. Hal yang sama pun diungkapkan Phillip Lim yang mengaku ia hanya berhubungan dengan partner berideologi sama. Ia bahkan dengan yakinnya meramalkan ke depannya tak akan pernah bekerja sama dengan Melania.

Ki-Ka: Sophie Theallet, Phillip Lim, Marc Jacobs, Derek Lam

Daripada mendandani ibu negara Amerika Serikat yang baru ini, Marc Jacobs dan Derek Lam lebih tertarik menggunakan tenaganya untuk membantu client lainnya demi terciptanya dunia dengan masyarakat yang saling menghormati. "Aku lebih suka mendandani mereka yang mungkin akan dianiaya Trump dan pendukungnya," terang Marc Jacobs.

Keputusan tak mendandani Melania juga dilatarbelakangi dari rasa kecewa para desainer karena kandidatnya kalah dalam pemilihan presiden. Seperti Tom Ford dan Timo Weiland yang terang-terangan mengatakan bahwa mereka mendukung Hillary Clinton. Tom Ford mengungkapkan bahwa jauh sebelum Trump menang sebagai presiden, ia sempat diminta menyediakan outfit untuk Melania, namun dirinya menolak. Seandainya Hillary menang pun, ia tak akan membiarkan Melania memakai rancangannya yang diakuinya terlalu mahal dan tak pantas dipakai ibu negara yang notabene seharusnya mengenakan outfit yang secara universal dapat dipakai semua orang. Karena pernyataan ini, Trump sudah memastikan agar istrinya tak perlu melihat brand Ford di mana pun.

Ki-Ka: Tom Ford, Timo Weiland, Naeem Khan, Humberto Leon

Alasan etika diungkapkan oleh Naeem Khan. Ia punya hubungan yang sangat dekat dengan Michelle Obama dan sudah 20 kali menyediakan outfit untuknya. Lebih dari itu, menurutnya desainer adalah artis yang memiliki pilihan untuk siapa ia merancang baju. Humberto Leon secara frontal dan persuasif menulis di Facebook, seolah memberi ajakan agar para desainer tak usah mendandani Melania. "Seandainya Melania membeli rancanganmu, bilang ke orang-orang kalau kamu tidak mendukungnya,” tulis co-creative director Kenzo dan co-founder Opening Ceremony ini.

;
Loading