Sukses

Fashion

Haider Ackermann, Desainer yang Diharapkan Karl Lagerfeld Gantikan Dirinya

Jakarta Untuk sebagian pecinta fashion pasti sudah sering mendengar nama Haider Ackermann, tapi sebagian mungkin jarang - bahkan terasa asing. Ditambah fakta bahwa desainer satu ini memang jarang hadir di publik dan tak pernah mau diwawancara. Fakta seru, desainer kelahiran Kolombia yang berbasis di Paris ini sedang jadi favorit para selebriti dan pemain film Korea Selatan. Hasil pengamatan FIMELA, group band Korea Big Bang dan pemain serial drama Korea seperti Lee Dong Wook, Jeon Ji Hyun dan Gong Yo sering terlihat mengenakan rancangannya.

Haider Ackermann yang diadopsi sejak berumur 9 bulan oleh keluarga pembuat map yang buat masa kecilnya berpindah-pindah dari Ethiopia, Chad, Algeria, Perancis sampai akhirnya ke Belanda. Pergi ke Belgia  untuk belajar desain di Royal Academy of Fine Arts, Antwerp pada tahun  1994 karena merasa sangat terinsirasi oleh karya-karya Yves Saint Laurent. Menurut catatan yang terpercaya, di tahun 1997 Ackermann dikeluarkan karena dianggap gagal dalam membuat koleksi yang ditugaskan, disebabkan keinginannya membuat koleksi yang hidup menurut standarnya. Terlihat bahwa desainer satu ini memang sangat idealis.

Lalu, di tahun 1998 Ackermann memulai 5 bulan magangnya dengan John Galliano sembari mengumpulkan portofolio dan beberapa tahun ke depan dengan beberapa desainer lainnya seperti Bernhard Willhelm, Patrick Van Ommeslaeghe sebelum akhirnya menjadi desainer untuk Mayerline. Banyak dipengaruhi perbedaan budaya, desain Ackermann kontras dalam memadukan satu tema yang sama. Potongan sederhana seringkali bergaya asimetris dengan kombinasi bahan berbeda, dinamis, menggabungkan unsur gaya street style dengan siluet feminin yang sophisticated.

Tahun 2001, ia membuat brand pertamanya untuk koleksi womens wear pada bulan Maret yang ditampilkan bersamaan dengan Paris Fashion Week. Koleksi tahun 2002-nya menarik perhatian House of Ruffo, brand premium spesialis pakaian kulit yang memperkerjakannya mengarahkan desain season spring/summer dan fall/winter 2003 untuk Ruffo Research. Di tahun 2015 ia menandatangani kontrak dengan 32 organisasi fashion di Belgia dan membangun studionya di Paris.

Klien dan pelanggan setianya datang dari nama-nama tenar dunia fashion sampai aktris Hollywood. Sebut saja Victoria Beckham, Penelope Cruz sampai Kanye West. Karl Lagerfeld bahkan pernah mengungkapan bila ada orang yang pantas menggantikannya di CHANEL, orang itu adalah. Suatu kebanggaan untuk seorang desainer mendapat pujian dari Fashion Guru seperti Karl pastinya. Sekarang, Ackermann sedang sibuk menjadi creative director untuk rumah mode menswear Berluti.

(Photo: pinterest, vogue)

Loading