Sukses

Fashion

Green Fashion: Limbah Plastik Berubah Jadi Gaun Mewah

Jakarta Kebanyakan pantai tampak berubah menjadi lautan sampah. Karena faktanya, jutaan puing-puing sampah mengapung di air, dan yang paling banyak berupa plastik. Sampah plastik berdampak buruk bagi ekosistem laut. Terlebih, plastik sulit terurai secara alami. Ya, plastik telah menjadi isu polusi global tak terbantahkan saat ini.

Peduli terhadap masalah limbah plastik pantai, H&M mengeluarkan koleksi terbaru Conscious Exclusive. Sebuah koleksi yang mengutamakan keramahan lingkungan dan gaya. Menggunakan BIONIC ®, yakni poliester daur ulang yang dibuat dari limbah plastik pantai, untuk menciptakan koleksi fashion perempuan dan anak-anak.

Siapa sangka, limbah plastik di pantai dapat menjelma menjadi dress lipit plisse pink yang menjadi unggulan dari koleksi yang kampanyenya dibintangi oleh supermodel sekaligus filantropis Natalia Vodianova ini. Gerai fashion retail raksasa asal Swedia ini membuktikan bahwa limbah – sesuatu yang tak berguna lagi – dapat didaur ulang menjadi produk fashion yang sangat gaya dan istimewa untuk berbagai acara.

Selain koleksi pakaian perempuan dan anak-anak, tersedia pula parfum Conscious Exclusive yang dibuat dari minyak organik (hanya tersedia di beberapa negara). Koleksi ini akan hadir di 160 gerai di seluruh dunia dan secara online mulai 20 April. Di Indonesia, koleksi ini hanya tersedia di H&M Grand Indonesia.

Dengan kesuksesan H&M, termasuk rencana mereka yang akan menambah cabang toko di seluruh dunia, sudah sewajarnya langkah pengolahan limbah ini menjadi kontribusi sebagai bentuk reaksi timbal balik. Industri fast fashion selalu dikecam karena menghasilkan limbah berjumlah sangat, sangat besar di muka bumi. Belum lagi pengerahan tenaga kerja yang kualitasnya terus dipertanyakan. 

;
Loading