Sukses

Fashion

Tak Perlu Tunggu Bazaar, Ke Sini Jika Mencari Tenun Premium di Jakarta

Jakarta Semakin ke sini, outfit yang berbau tradisional semakin dicari dan jadi item fashion wajib. Yang tadinya hanya dipakai untuk acara formal, upacara adat, maupun jadi pakaian wajib pejabat pemerintahan, kini kain-kain nusantara berubah jadi outfit yang pantas dipakai untuk segala kesempatan dan usia. Bahkan di era milenial ini, anak-anak muda tak segan dan justru merasa bangga memakai kain tradisional Indonesia. Kain tenun menjadi salah satu yang makin difavoritkan.

Sama halnya dengan batik, proses pembuatan tenun memakan waktu yang sangat panjang dan rumit. Pengrajin tenun juga bisa dibilang tidak banyak. Teknik pembuatannya pun memakai Alat Tenun Bukan Mesin (ATBM), yang artinya ketradisionalannya tetap terjaga. Untuk motif tertentu saja, dalam satu hari hanya didapat 2-4 cm kain. Motif tenun beragam, dan biasanya setiap daerah memiliki motif dengan ciri khas masing-masing. Misalnya, tenun Tanimbar dari Maluku Tenggara Barat dengan motif ulatnya.

Seiring dengan kepopuleran tenun yang terus merangkak naik mengikuti batik, ditambah kreativitas para desainer fashion tanah air yang makin giat mengolah kain nusantara menjadi koleksi fashion modern yang mewakili kehidupan urban masa kini, tak heran tenun turut jadi primadona di negeri sendiri. Hampir semua kalangan menyukainya, tak terkecuali kalangan dewasa muda.

Butik yang menjual tenun di Jakarta masih terbilang jarang. Akhirnya, setidaknya ada satu yang menjawab kebutuhan pakaian tenun di ibu kota, yakni Tenun Gaya milik Wignyo Rahadi. Sebagai desainer fashion yang secara konsisten sejak 17 tahun lalu berkarya menekuni produksi kain tenun dengan teknik Alat Tenun Bukan Mesin (ATBM), Wignyo memiliki cara pandang menarik untuk menampilkan kain tenun dengan lebih “apa adanya”. Sehingga ia tak ingin menutupi keindahan kain tenun ATBM dengan ornamen berlebihan. 

Setelah di Cipete, butik Tenun Gaya kembali hadir di Menteng, Jakarta Pusat. Lokasi ini dipilih dengan pertimbangan bahwa Menteng merupakan daerah premium dan mudah dijangkau karena berada di pusat kota. Selain itu, butik yang tampil dalam konsep rumahan ini memberi akses mudah bagi para pelanggan yang mendamba pengalaman belanja eksklusif dan tenang. Apalagi bagi yang tak suka ke mall maupun pusat perbelanjaan.

Di Tenun Gaya Menteng, tersedia beragam pilihan kain tenun motif nusantara seperti songket, ulos, dan bahkan tenun ready to wear. Sama halnya dengan Tenun Gaya Cipete, pelanggan bisa customize busana dengan memilih sendiri warna, motif, dan desain yang diinginkan. Mau dipakai sendiri untuk acara kasual maupun formal, atau custom made untuk busana seragam acara keluarga, kemungkinannya begitu luas.

;
Loading