Sukses

Fashion

Hubert Givenchy, Pembuat Gaun Hitam Paling Terkenal di Dunia Wafat

Jakarta

Audrey Hepburn in Givenchy, Breakfast at Tiffany's (1961)

That particular little black dress. Bila ada satu gaun hitam terpenting dalam sejarah fashion, mungkin itu adalah gaun hitam Givenchy, yang dikenakan aktris ikonik Audrey Hepburn di film Hollywood yang juga sama legendarisnya, Breakfast at Tiffany’s. Dari situ, persahabatan sang aktris dan sang desainer berjalan hingga 40 tahun lebih.

Hubert Givenchy yang juga keturunan bangsawan ini barangkali yang terakhir dari generasi awal. Di angkatannya antara lain ada Christian Dior dan Pierre Balmain. Ia mulai menjadi desainer di akhir perang dunia kedua, dan mulai tahun 50an sosok dan kreativitasnya semakin dikenal oleh dunia. Terutama karena mendandani sosok-sosok penting – selain Audrey Hepburn - ada Jackie Kennedy, Grace Kelly, beberapa keluarga kerajaan Inggris, sampai aktris Jane Fonda.

 Hubert Givenchy (courtesy: WWD)

Givenchy adalah desainer pertama yang memberi kebebasan bagi para perempuan dalam berpakaian, dengan menciptakan konsep atasan (top) dan bawahan (bottom) di tahun 1952. Dan di tahun 1954 meluncurkan lini pakaian siap pakai (ready to wear) berkualitas mewah (high end). Ia pun menjadi salah satu yang paling awal membuat wewangian. Dimana lagi-lagi, Audrey Hepburn menjadi inspirasi bagi Givenchy dalam menciptakan wewangian pertamanya, L’Interdit.

Di tahun 1988 Givenchy menjual perusahaanya pada grup luxury LVMH Moët Hennessy Louis Vuitton, dan sejak 1995 saat ia pensiun fashion house Givenchy sudah pernah mendapat sentuhan secara kreatif oleh John Galiano, Alexander McQueen sampai Riccardo Tisci di tahun 2005. Di era Tisci, Givenchy dengan sukses masuk dalam pemetaan budaya pop. Pengganti Tisci adalah Clare Waight Keller, creative director perempuan pertama dalam sejarah Givenchy.

Tak hanya fashion, mendiang Hubert Givenchy punya minat besar pada interior. Tak heran bila kediamannya lebih mirip rumah seorang kolektor. Semasa hidup ia pernah memperluas cakupan kreatifnya pada pembuatan tekstil, merancang interior hotel, sampai interior mobil. Di karpet merah, Givenchy setia menjadi pilihan para bintang untuk tampil memukau. Terakhir, aktris       Gal Gadot mencuri perhatian dengan gaun metalik Givenchy di ajang Oscars 2018.

 

Baca juga:

Oscars 2018: Semua gaun yang mencuri perhatian di red carpet

Artikel Selanjutnya
Belanja Couture: Dior, Schiaparelli, Givenchy, Margiela, Giambattista Valli, Chanel