Sukses

Fashion

Hot Trend: Saddle Bag Christian Dior, Dipakai Perempuan Sampai Laki-Laki

Fimela.com, Jakarta Kalau boleh dibilang, Christian Dior Saddle Bag was the thing of the past. Yap, tas ini didesain di kisaran 1999 oleh John Galiano sewaktu masih bekerja untuk Dior.Tas ini dibuat tiga tahun setelah Galiano menjabat di Dior, dan ia perkenalkan di show koleksi Spring 2000. Dan faktanya, tas pertama yang Galiano rancang untuk Dior.

Popularitasnya kemudian meledak saat 'It Girl' kala itu seperti Paris Hilton dan Mischa Barton menentengnya ke mana-mana. Karena dibawa oleh para 'It Girl', saddle bag ini pun mendapat atribut 'it bag.' Secara visual, saddle bag berukuran kecil terlihat seukuran ginjal. Tapi dalam ukuran besar bentuknya mirip pelana kuda. Dan dengan ukuran yang kecil ini, membawanya pun sangat ringkas.

Tas ini lalu makin populer saat muncul, dan disandang oleh karakter serial televisi terkenal Sex and The City, Carrie Bradshaw yang diperankan oleh Sarah Jessica Parker. Penasaran? tas ini muncul di musim ketiga, episode ke-5. Di tahun 2001, saat saddle bag ini mencapai puncak popularitasnya, penjualan divisi aksesori Christian Dior naik sampai 60%.

 

Seiring waktu, dan mungkin trend menyentuh titik kebosanan. Per 2008, popularitas saddle bag ini menurun. Meski begitu, bisa bertahan hampir 10 tahun dalam lingkaran trend tentu bukan hal sepele. Zaman sekarang, mana ada trend yang sanggup bertahan sampai 3 musim lebih?

Hingga 2016, saddle bag muncul kembali, dengan kalem dalam lingkaran trend, dijinjing oleh Beyonce sampai bintang pop Korea CL (dari girl group 2NE1 yang sudah bubar). Kemunculan tas ini di era Instagram menjadi semacam tribut untuk hip masa lalu, dan membuat orang penasaran dengan tas-tas yang sudah berlabel vintage ini. Walau sebenarnya, muncul di awal 2000-an belum layak disebut vintage, bukan?

And voila! Maria Grazia Chiuri mengembalikan tas ikonik ini ke runway di koleksi fall winter 2018 Christian Dior. Momen yang membuktikan bahwa desain yang klasik memberikan trend seperti apapun untuk muncul kembali. Dan memang, trend berputar. Tapi, tentu sang creative director terbaru Christian Dior ini memberikan wajah yang lebih kontemporer pada saddle bag versi 2018. Tentu belum cukup, saddle bag pun muncul di koleksi cruise 2019 Christian Dior.

Sudah melihat semua rancangan Kim Jones sebagai creative director terbaru Dior Homme pekan lalu? ya, saddle bag juga ternyata mendapat tempat dalam koleksi pertama Dior Homme rancangan Kim. Dari back pack, tas tangan, sampai tas pinggang seperti di bawah ini. Versatilitas, fleksibilitas saddle bag faktanya memang melampaui waktu. Kita lihat, berapa lama kali ini ia dapat bertahan.

;
Loading