Sukses

Fashion

Hasil Survey: Sebab Brand Supreme Rajai Trend Streetwear di Generasi Z

Fimela.com, Jakarta What fashion brand do you love? Jika Supreme salah satu di antaranya, you surely keep updated with the trend. Brand skater satu ini memang tengah merajai minat generasi media sosial, terutama remaja. Lihat saja, warna merah ikoniknya bertebaran di akun-akun fashion Instagram.

Menurut survey yang dilakukan Piper Jaffray (bank investasi dan firma manajemen aset) di 2018, terungkap bahwa generasi Z (kelahiran 1994 – 2014) sangat menyenangi trend streetwear, di mana Supreme jadi salah satu brand yang paling digemari (mengikuti Gucci, Louis Vuitton, Nike, dan Adidas). Kepopuleran brand yang didirikan oleh James Jebbia di 1994 ini semakin menjulang beberapa minggu ini sejak iklannya terpampang di sampul koran New York Post. Produk Supreme pun langsung ludes dalam sekejap. Yang patut dicontoh brand lain, Supreme tak pernah membuat banyak produknya. Perasaan exclusive itu nampak disenangi oleh generasi Z atau siapa pun yang mengikuti trend street wear.

Setiap kali Supreme meluncurkan produk baru, bisa dipastikan selalu sold-out. Bahkan koran New York Post yang berbalut iklan brand Amerika ini masih dicari-cari penggemarnya. Hingga dijual di eBay dengan harga delapan kali lebih mahal dari harga aslinya 1,5 dollar AS (sekitar Rp 21.000,-). Atau, kasus sweater hoodie Supreme kolaborasi Louis Vuitton yang sempat terlihat terjual di retail online lokal menyentuh titik hampir 1 Miliar Rupiah.

 

Tidak heran, peluncuran produk baru – yang disebut “drops” oleh penggemar – jadi salah satu momen paling dinantikan. Supreme drops biasanya digelar setiap hari Kamis selama musim Fall/Winter dan Spring/Summer, baik di store maupun online. Saking banyaknya yang menginginkan produk terbaru Supreme, jangan heran bila nanti melihat website-nya crash atau bergeming ketika tahu semuanya telah habis terjual. See? Everyone wants Supreme products like crazy.

Mereka yang beruntung mendapat jatah antrean beli di store (kebanyakan dari mereka adalah remaja dan anak muda) biasanya langsung beli banyak. Entah untuk kebutuhan pribadi atau dijual kembali. Yang pasti, setelah diluncurkan, produk-produk terbaru Supreme akan ada di eBay dengan harga 10 kali lipat lebih tinggi dari harga asli. Melihat besarnya minat orang terhadap Supreme, rasanya sah-sah saja membayar lebih banyak demi mendapat item fashion “jaman now” ini. Siap berburu lebih banyak produk Supreme?