Sukses

Fashion

7 Mitos Perhiasan Yang Harus Anda Ketahui

Pernahkah Anda mendengar mitos aneh tentang perhiasan? Ada beberapa dari mitos tersebut yang tidak bisa dipercaya atau bahkan diragukan kredibilitasnya. Berikut,  7 mitos perhiasan yang sering beredar di masyarakat, seperti dilansir dari amerikanki.com.

    Berlian Tidak Bisa Hancur

    Mitos ini tidak benar. Yang benar adalah, bahwa berlian dapat menggores berlian yang lain. Berlian, justru akan retak jika tidak dirawat dengan baik. Oleh karena itu, agar berlian tahan lama, dibutuhkan perawatan ekstra. Membersihkan berlian, harus rutin dilakukan, agar terjaga keasliannya.

    Emas Memiliki Tiga Warna

    Para penjual perhiasan, sering mengatakan, jika emas memiliki tiga warna, yaitu, kuning, putih, dan merah tembaga. Ternyata, hal itu tidak benar. Emas yang murni berwarna kuning. Warna lain dari emas kuning, sebenarnya dihasilkan dari percampuran emas, dengan senyawa lain. Bahkan, emas putih dan emas berwarna merah tembaga yang biasanya berharga mahal, sebenarnya, hanyalah emas campuran.

    Menggigit Emas Untuk Menguji Keasliannya

    Sebagian besar dari kita, tahu akan mitos ini. Emas murni katanya, bersifat lunak. Jika Anda mengigitnya dengan keras, maka akan meninggalkan bekas gigitan di dalamnya. Para pembuat perhiasan palsu, seringkali menggunakan logam lunak berbahaya seperti timbal, kemudian dipulas menyerupai emas. Jadi, jangan pernah menggunakan metode ini untuk menguji keaslian emas.

    Berlian Adalah Batu Paling Langka di Dunia

    Berlian yang berwarna memang langka dan sulit ditemukan. Tetapi, berlian bukanlah batu paling langka di dunia. Menurut Guinness Book of World Records, batu permata paling langka di dunia adalah painite. Painite adalah, batu permata yang berbentuk segi enam dan berwarna cokelat merah atau cokelat orange.

    Cuka Dapat Melarutkan Mutiara

    Hanya ada sedikit kebenaran dalam mitos ini. Diperlukan waktu yang sangat lama agar cuka bisa melarutkan mutiara. Itupun mutiara harus dihancurkan terlebih dahulu agar bisa larut.

    Batu Opal Dapat Membawa Sial

    Sejak ditemukan pertama kali pada ribuan tahun yang lalu, opal dianggap membawa keberuntungan. Batu opal seringkali dijadikan sebagai kombinasi dari berbagai keindahan batu berharga oleh Bangsa Romawi.

    Dalam sejarah Romawi, kaisar memberikan istri mereka batu opal untuk keberuntungan. Dengan berjalannya waktu, batu opal malah dijadikan jimat terkait dengan sihir, bencana, pemicu wabah dan kemalangan.

    Sedangkan pada zaman modern kepercayaan seperti itu sudah mulai hilang. Opal hitam adalah batu yang sangat langka dan mahal.

    Berlian Dinilai Berdasarkan Warnanya

    Beberapa orang, menganggap berlian biru bernilai paling mahal. Sebagai batu yang sangat berharga, warna bukanlah satu-satunya hal yang menentukan nilai berlian. Ketika menentukan harga berlian, Anda harus mempertimbangkan beberapa hal di antaranya berat, karat, dan kemurnian berlian.

Pernahkah Anda mendengar mitos lain tentang perhiasan? Jika ada, silahkan Anda bagikan di kolom komentar ya Ladies.

(vem/chi)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading